Beranda Karawang Komisi IV Sambut Baik Program SPP Gratis Pemprov Jabar

Komisi IV Sambut Baik Program SPP Gratis Pemprov Jabar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Rencana Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk menggratiskan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di tiap Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) mendapat apresiasi dari DPRD Kabupaten Karawang.

“Kami DPRD Kabupaten Karawang khususnya Komisi IV menyambut baik program Pemprov Jabar yang akan memberikan subsidi Rp. 200 ribu perbulan persiswa sekolah menengah negeri dan kejuruan negeri, ini sangat kami apresiasi,” kata Asep Syaripudin , Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang kepada Tvberita.co.id, Kamis (23/1).

Menurut Asep, DPRD berharap dengan adanya program bebas SPP ini dapat secara signifikan meningkatkan rata-rata lama sekolah yang akan berpengaruh kepada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Karawang.

“Kedua kami juga berharap ada peningkatan secara kualitas sumber daya manusia atau lulusan-lulusan SMA/SMK Kabupaten Karawang, selain tentunya mengurangi beban para orang tua murid dalam menyekolahkan anaknya,” ungkap Asep menuturkan harapannya.

Dan tentunya Asep menambahkan, Komisi IV sangat berharap Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV bisa menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah agar jangan sampai ada iuran-iuran yang membebankan terhadap siswa-siswinya.

“Kalau bayaran SPP sudah di subsidi oleh pemerintah jangan lagi pihak sekolah melakukan pemungutan-pemungutan yang membebani orang tua,” tandasnya Asep.

Asep juga menyarankan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang untuk bisa pula menganggarkan program bebas SPP untuk sekolah-sekolah menengah kejuruan swasta melalui program Karawang Cerdas.

Pasalnya, dikatakan Asep, baik sekolah negeri maupun swasta sama-sama juga harus mendapatkan perhatian, Supaya adil dan berimbang.

“Jadi sekolah negeri gratis SPP begitu juga sekolah swasta, sehingga siswa-siswi kita itu juga mendapatkan bantuan dan perhatian karena semua yang sekolah baik di negeri maupun swasta adalah warga masyarakat Karawang,” ujar Asep menuturkan.

Ditegaskan Asep, dengan adanya subsidi dari Propinsi dan adanya kebijakan prioritas untuk sekolah swasta melalui Karawang Cerdas, harus ada transparansi dan akuntabilitas didalam pengelolaan keuangan di seluruh sekolah-sekolah menengah dan kejuruan, sehingga bantuan ini benar-benar bisa mengurangi setiap pungutan-pungutan atau iuran-iuran yang dibebankan kepada siswa.

“Memang di kabupaten karawang ada penurunan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Karawang, yang melanjutkan ke sekolah SMA/SMK, karena dahulu ada program PMMS dari pemda Karawang, kemudian sekarang tidak ada sehingga SPP menjadi beban masyarakat,” pungkasnya. (nna/dhi)