Beranda Regional Komitmen Pemkab Purwakarta Lakukan Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS

Komitmen Pemkab Purwakarta Lakukan Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS

KABUPATEN PURWAKARTA,TVBERITA.CO.ID- Untuk menekan angka penyebaran HIV/AIDS,Pemerintah Kabupaten (pemkab)purwakarta, bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purwakarta,polres Purwakarta, Kodim 0619 Purwakarta, Kementrian Agama (kemenag) purwakarta, dan lapas kelas II-B purwakarta, menandatangani komitmen bersama pencegahan penyebaran HIV/AIDS di purwakarta.

Komitmen tersebut ditanda tangani sebagai bagian dari rangkaian peringatan hari AIDS se-Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember. “Momen peringatan hari AIDS se-Dunia hendaknya dibangun secara komitmen, untuk menekan angka penyebaran penyakit mematikan tersebut, terutama untuk di Kabupaten Purwakarta,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Iyus Permana, Senin (3/12/2018).

“Saya berharap, stakedholder di Purwakarta termasuk masyarakat berpartisipasi dalam penceganan AIDS,” tambahannya ketika mewakili Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dalam penadatanganan Komitmen Bersama Pencegahan Penyebaran AIDS di Bale Yudhistira Purwakarta.

Selain itu, Iyus mengingatkan akan peran aktif generasi zaman now atau milenial dalam pencegahan HIV/AIDS. Diantaranya dengan menghindari serta menjauhkan dari hal yang memicu penyebaran HIV/AIDS. “Pelajar dan mahasiswa dapat berperan aktif untuk tahu dan mengerti kemudian melaksanakan apa aja yang tidak boleh dengan terkaitnya penyakit HIV/AIDS ini, mampu menjadi agen perubah sosial sebagai gerakan pencegahan di masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, bahwa keluarga dan lingkungan sangat berpengaruh terutama bagi odha atau sebutan bagi pengidap penyakit tersebut, menurutnya pendekatan secara rutin untuk dapat diobati secara dini, karena mereka butuh kita sebagai penyemangat,” tuturnya. Dalam komitmen bersama tersebut, ada 3 poin yang disepakati, yaitu sosialisasi, pemahaman dan partisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS melalui pembinaan baik internal maupun eksternal.

Pemkab Purwakarta melaksanakan fungsi dan tugas dalam meningkatkan pemahaman dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, melakukan penyelenggaraan pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS. Melaksanakan sistem perencanaan, implementasi dan evaluasi program pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, serta menjamin ketersedian fasilitas pelayanan kesehatan primer dan rujukan dalam penanggulangan HIV/AIDS.

DPRD Purwakarta sebagai pendukung dan melalui kemitraan yang diharapkan menghasilkan produk hukum yang mempercepat upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, sedangkan Polres, Kodim, Kemenag dan Lapas Purwakarta melaksanakan pembinaan dan upaya pencegahan, termasuk menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap odha.(kb).