Beranda Regional Kondisi Jalan Cikalong-Cilamaya Rusak Parah

Kondisi Jalan Cikalong-Cilamaya Rusak Parah

Kondisi jalan Cikalong-Cilamaya memgalami rusak parah, ratusan lubang di jalan tersebut dinilai mengancam keselamatan pengendara. kondisi jalan sudah mengalami rusak parah, di sepanjang jalan tersebut terdapat ratusan lubang yang diperkirakan diameternya belasan sampai puluhan sentimeter dengan kedalaman sampai 5 cm, bahkan kerusakan jalan menghabiskan setengah dari jalan tersebut.

Salah satu pemilik minimarket warga Desa Cicinde Selatan Izham (44) mengatakan, Sudah beberapa tahun, jalan Cikalong-Cilamaya tidak dilakukan perbaikan, memasuki musim hujan menambah buruknya kondisi jalan penghubung beberapa desa dan kecamatan itu.

“Pokoknya hati-hati saja kalau lewat sini, karena tiap hari ada saja yang jatuh karena lubangnya terlalu banyak dan tertutup air jadi pengendara tidak lihat ada lubang,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah agar tidak semakin banyak pengendara yang berjatuhan, warga setempat berinisiatif memasang sebuah rambu-rambu yang terbuat dari ban bekas sampai papan yang bertuliskan himbauan kepada pengendara.

“Nah contohnya di depan toko saya ini, sengaja saya pasang papan, kalau tidak dipasang bahaya soalnya lubangnya besar banget, ketutup air jadi pada jatuh, dan saya tidak mengada-ngada tiap hari ada saja yang jatuh depan toko saya,” tambahnya.

Sementara itu, Kades Cicinde Selatan, Kecamatan Banyusari Dasum mengungkapkan, pihaknya membenarkan bahwa kondisi jalan Cikalong-Cilamaya khususnya yang melintasi Desa Cicinde Selatan mengalami rusak parah. Hal itu sangat dinilai rawan terjadinya kecelakaan khususnya pada pengendara sepeda motor.

“Jadi tidak aneh kalau disini banyak papan atau ban bekas yang dipasang di jalan, karena supaya pengendara tidak menginjak lubang dan bikin jatuh pengendara,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, ia selaku pemerintah desa juga merasa kebingungan karena jalan tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah dan pihak Pertamina pun pernah berjanji akan melakukan perbaikan jalan tersebut karena kendaraanya sering melintasi jalan ini.

“Jalan ini bisa dikatakan jalan yang cukup hidup karena posisinya tidak jauh dari lokasi jalan raya Jatisari, kalau bisa ya segera diperbaiki, kasian para pengendara motor sering tergelincir takut makan korban jiwa,” katanya. (net)