Beranda Regional Kontrasepsi Non Hormonal Efesien dalam Program KB

Kontrasepsi Non Hormonal Efesien dalam Program KB

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Purwakarta mengimbau masyarakat di Kabupaten Purwakarta untuk menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang (Non Hormonal) bila mengikuti program KB.

Pasalnya alat kontrasepsi ini bisa digunakan untuk jangka waktu 6 sampai 8 tahun. Seperti, Intrauterine Device (IUD) sebagai pilihan KB yang baik bagi wanita berusia muda dan remaja karena mampu bertahan lama, tidak memerlukan perawatan harian, dan sangat efektif dalam mencegah kehamilan.

“Masyarakat di Purwakarta memang masih banyak yang menggunakan alat kontrasepsi yang Hormonal. Diantaranya Pil KB, Suntik dan Implant, dan yang lebih banyak digunakan yaitu sistem Suntik, karena sistem ini sudah ada sebelumnya dibandingkan dengan sistem Non Hormonal yang terbaru,”kata Plt Kepala DPPKB Purwakarta, Asep saat ditemui kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Rabu (13/12).

“Namun masyarakat yang menggunakan alat kontrasepsi di Purwakarta telah mencapai 74,98%. Itu masih didominasi oleh alat kontrasepsi yang Hormonal dengan perbandingan 60%-40% dari alat kontrasepsi yang Non Hormonal,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk menggunakan alat kontrasepsi yang baik dan aman bagi kesehatan. Dan yang sudah menggunakan alat kontrasepsi Hormonal agar segera beralih ke sistem kontrasepsi Non Hormonal karena memiliki banyak kelebihan.

“Untuk pelayanan KB dari pemerintah semuanya tidak ada biaya apapun alias gratis, kecuali masyarakat yang menggunakan pelayananan dari pihak bidan atau rumah sakit milik swasta mungkin ada biaya yang akan dibebankan ke masyarakat,” pungkasnya.(trg/ris)