Beranda Regional Kopdar Triwulan se-Jabar, Bupati Cellica Ceritakan Keberhasilan Program dan Usulan Soal Kurikulum...

Kopdar Triwulan se-Jabar, Bupati Cellica Ceritakan Keberhasilan Program dan Usulan Soal Kurikulum SMK

PANGANDARAN, TVBERITA.CO.ID – Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana menyampaikan sejumlah keberhasilan program dan usulan kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menghadiri Agenda Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (KOPDAR) Triwulan III di Kabupaten Pangandaran, Kamis (26/9/2019) pagi kemarin.

Pertama yang disampaikan Bupati Cellica yaitu mengenai kurikulum pendidikan kompetensi SMK yang bisa menyesuaikan industrialisasi. Bupati mengungkapkan, dengan banyaknya jumlah industri yang ada di Kabupaten Karawang, pemkab telah berupaya memanfaatkan jaringan perusahaan untuk bekerjasama dengan SMK.

“Yang sudah berjalan, kami telah membangun kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk merekrut calon karyawan dari SMK Karawang. Caranya, satu tahun sekolah, biarkan mereka fokus belajar di kelas. Tahun kedua, mereka melakukan pemagangan dengan lebih banyak menghabiskan waktu di tampat magang. Lalu di tahun ketiga, pihak perusahaan bisa langsung merekrut mereka menjadi calon karyawanya, melalui hasil dari pemagangan yang telah mereka lakukan. Ini adalah salah satu cara kami mengurangi pengangguran dengan mempekerjakan masyarakat asli Karawang, “ungkap Bupati.

Kedua, Bupati melanjutkan, yaitu soal soal perhotelan. Dengan menggeliatnya bisnis perhotelan di Karawang, mau tidak mau SMK yang memiliki jurusan perhotelan juga harus terkena imbasnya, sehingga pihak sekolah tidak merasa sia sia membuka jurusan perhotelan. Dan sekali lagi, kata Bupati, Pemkab sudah mengupayakan agar siswa SMK Karawang bisa magang dan bekerja di hotel hotel Karawang.

“Usul kami dari Pemkab Karawang, jika Pemerintah Provinsi bisa mengintervensi kebijakan soal SMK atau daerah yang terkenal dengan industrialisasinya, mungkin akan bertambah banyak anak anak kami yang bisa merasakan bekerja di tanah sendiri,” ucap Bupati.

Sementara Gubernur Emil sangat mengapresiasi langkah yang sudah dijalankan oleh Pemkab Karawang soal pendidikan, yang bisa berdampak pada berkurangnya pengangguran. Gubernur memahami, bahwa Karawang dengan UMK yang sensasional pastinya banyak masalah yang sangat kompleks terutama soal ketenagakerjaan.

“Secepatnya kita bahas untuk merumuskan solusinyasolusinya,” ujar gubernur. (cr2/dhi)

Komentar Facebook