Beranda Regional Kotak Suara Kardus, KPU Karawang: Tahan Beban dan Tidak Mudah Rusak

Kotak Suara Kardus, KPU Karawang: Tahan Beban dan Tidak Mudah Rusak

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang memastikan kotak suara Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 mendatang yang terbuat dari karton, kedap air dan bisa tahan beban hingga 90 kilogram.

Anggota Komisioner KPUD Karawang Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik, Kasum Sanjaya mengatakan, kotak suara berbahan kardus ini bukan kardus biasa yang seperti dibayangkan banyak orang. Pasalnya, kekuatan kotak suara telah diuji. Ketahanannya juga sudah diperhitungkan dengan matang.

“Dari sisi kekuatan, kuat ditimpa beban dan tidak mudah penyok. Bahkan meskipun diduduki pun tidak rusak atau penyok, kotaknya itu di tumpuk 4 atau 5 kotak di atasnya juga masih tetap kuat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kotak suara pada Pemilu 2019 berbahan duplex dengan rangka didalamnya. Didesain sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam UU No. 7/2017 pasal 341 huruf (a) tentang Perlengkapan Pemungutan Suara dan PKPU No. 15/2018 pasal 7 tentang penjelasan bahan kotak suara terbuat dari karton berbahan duplex.

“Surat suara yang masuk di kotak suara itu nantinya tidak langsung dimasukkan, tapi ditaruh di amplop kertas lalu dibungkus plastik baru kemudian dimasukan ke kotak suara. Kemudian kotak suara yang mau diangkat dan distribusi, itu dibungkus plastik lagi kotaknya. Jadi dua kali bungkus plastik,” ulas Kasum menjelaskan.

Kasum menambahkan, mengapa kotak suara ini dibuat dari bahan karton duplex dikarenakan sebagai bentuk efesiensi anggaran. Dimana dengan kotak suara kardus ini dinilai dapat lebih menghemat biaya perawatan dan penyimpanannya.

“Karena kotak suara itu sekali pakai saja, karena kalau almunium seperti kemarin anggaran perawatan dan sewa gudang pun menjadi lebih mahal,” paparnya.

Terakhir disampaikan Kasum,  pihaknya hanya menjalakakan berdasarkan apa yang telah diamantkan oleh undang-undang. Dengan kemudian ditindaklanjuti melalui PKPU.”Terkait efesiensi anggaran ini, DPR RI Komisi II juga menyatakan biaya produksi lebih murah dengan menggunakan Kotak Suara berbahan duplex ini,” pungkasnya.(nna/ris)