Beranda Headline KPU Karawang Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Jadi Pemilih Cerdas

KPU Karawang Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Jadi Pemilih Cerdas

Kpu goes to campus
KPU Karawang bersama puluhan mahasiswa dalam kegiatan KPU Goes to Campus.

KARAWANG – Meski tahapan pemilu 2024 baru dimulai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang bergerak aktif mensosialisasikan pendidikan pemilu untuk masyarakat.

Teranyar, KPU Karawang menggelar kegiatan bertajuk ‘KPU Goes to Campus’ bersama puluhan mahasiswa di aula kantor KPU Karawang, Kamis (6/10).

Komisioner KPU Karawang, Ikmal Maulana mengungkapkan, kegiatan rencananya digelar di lingkungan kampus, namun karena hambatan teknis dari penyedia, maka sosialisasi digelar di kantor KPU.

KPU Goes to Campus menitikberatkan pendidikan pemilu untuk pemilih pemula, salah satunya mahasiswa.

Baca juga: Nama Dicatut Parpol, 71 Warga Karawang Ngadu ke KPU

Menurutnya, mahasiswa berperan penting dalam suksesi pemilu 2024.

“Kita mengajak mahasiswa untuk brainstorming, di mana mereka dapat berperan aktif dalam kontestasi 2024, baik sebagai pemilih aktif maupun bagian dari penyelenggara,” ujar Ikmal kepada tvberitacoid, Jumat (7/10).

KPU, kata dia, mendorong mahasiswa jadi pemilih cerdas dan verifikator unggul dalam menyerap informasi seputar pemilu.

“Di era digitalisasi sekarang ini kan kita mudah gunakan sosmed sebagai interaksi. Apalagi di setiap pemilu selalu muncul isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Nah di sana lah mahasiswa berperan menjadi verifikator unggul,” jelas Ikmal.

Baca juga: Begini Strategi KPU Karawang Tingkatkan Partisipasi Pemilih di 2024

Menurutnya, kegiatan KPU Goes to Campus akan menyasar ke seluruh kampus di Karawang.

“Road show ke kampus pasti. Cuma untuk jadwal berikutnya kita akan menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU RI, apakah diagendakan berapa bukan sekali kita belum tau,” imbuhnya.

Ikmal menargetkan, partisipasi pemilu di 2024 ini harus melampaui capaian sebelumnya.

Seperti diketahui, dalam pemilu 2019 lalu, KPU Karawang sukses melampaui target yang ditetapkan KPU RI sebesar 77,5 persen.

“Kemarin terkahir kita pemilu 2019, pemihan presiden (pilpres) 80 persen, pemilihan legislatif (pileg) 79 persen. Nah untuk pemilu 2024 kita harapkan bisa melampaui capaian saat pemilu kemarin,” seru Ikmal.