Beranda Purwakarta Kunjungi Purwakarta, Jokowi Resmikan Salah Satu PLTS Terbesar di Asia Tenggara

Kunjungi Purwakarta, Jokowi Resmikan Salah Satu PLTS Terbesar di Asia Tenggara

Jokowi resmikan plts purwakarta
Presiden Jokowi resmikan PLTS Terapung di Cirata, Purwakarta. (Foto: ist)

PURWAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Purwakarta pada Kamis (9/11). Dalam agendanya, Jokowi resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata Purwakarta.

Usai diresmikan PLTS Terapung langsung mulai beroperasi melayani kebutuhan listrik masyarakat.

Dalam peresmian tersebut, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Presiden Jokowi, bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah karena mimpi besar Indonesia membangun pembangkit EBT dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana.

“Dan kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia,” ujar Jokowi dalam siaran pers yang diperoleh redaksi, Jumat, 10 November 2023.

PLTS Terapung Cirata menjadi salah satu contoh proyek energi terbarukan yang penting di Indonesia, karena mencerminkan pergeseran menuju sumber energi bersih dan berkelanjutan dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan masalah lingkungan.