Beranda Purwakarta Kunker Pansus C DPRD Purwakarta, Kominfo Semarang Gunakan Smart City

Kunker Pansus C DPRD Purwakarta, Kominfo Semarang Gunakan Smart City

SEMARANG, TVBERITA.CO.ID– Pansus C DPRD Kabupaten Purwakarta yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Purwakarta, Neng Supartini yang diikuti Ketua Pansus C dan 11 Anggota Pansus C lainnya kunjungi Dinas Kominfo, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang.

Rombongan yang diterima langsung oleh Sekdis Kominfo Kota Semarang, Tri Wibowo melakukan kunjungan kerja untuk membahas pembahasan Raperda dan Evaluasi Perda Transparansi dan Partisipasi Dalam Perencanaan Pembangunan yang berkaitan nantinya dengan Kominfo Kabupaten Purwakarta.

“Dengan program Smart City dan IT, kota Semarang mendapat beberapa penghargaan dalam mengelola kotanya dengan predikat terbaik,” jelas Sekdis Kominfo Kota Semarang Tri Wibowo Senin (18/11).

“Dalam pengelolaan Smart City dan IT ini kami juga bekerja sama dengan beberapa Universitas besar di Semarang,” ungkapnya.

Ditambahkan lagi, menurut Tri, dalam waktu dekat pihaknya akan memfasilitasi sekitar 10.250 CCTV hingga tingkat RT dan RW di masing-masing Kelurahan di Kota Semarang, dan tahun 2020 akan terintegrasi dengan Kominfo untuk memantau seluruh aktifitas dan kondisi masyarakat.

“Di antaranya, keamanan, kebersihan, lalu lintas, kegiatan sosial, dan yang lebih bagus lagi memantau bapak-bapak yang suka keluyuran malam, ini untuk kepentingan ibu-ibu juga.”

“Pemantauan ini kami anggap penting, dan ini atas dukungan Walikota, namun untuk anggaran yang dibutuhkan cukup besar, hingga saat ini kami juga memiliki call center 112 untuk masyarakat dan bisa diakses langsung untuk menyampaikan segala permasalahan,” sambungnya.

Masih menurut Tri, untuk call center itu sendiri, jangka waktu paling lama tiga hari akan langsung ditanggapi. Jika jangka waktu dalam tiga hari lampunya belum hijau, maka akses ini langsung ditangani oleh Walikota.

“Ruang media juga kami persiapkan, karena media merupakan mitra dalam memberikan informasi segala kegiatan Pemerintah,” pungkasnya. (trg/kie)