Beranda News Kuota PPPK Guru Hanya 495, PGRI Karawang Minta Ditambah

Kuota PPPK Guru Hanya 495, PGRI Karawang Minta Ditambah

KARAWANG – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karawang, Nandang Mulyana menyebut, 495 kuota PPPK untuk guru dinilainya masih terlalu sedikit. Pihaknya meminta agar porsinya bisa ditambah.

“Yang disediakan oleh pusat hanya 495 orang, sedangkan jumlah guru honorer yang tercatat di Disdikpora Karawang ada 6475 orang. Jelas hal ini tidak sepadan dengan kebutuhan guru,” sambungnya.

Pasalnya, jika dibanding dengan kabupaten lain, kuota yang disediakan untuk Karawang amat sedikit.

“Contoh di kabupaten lain, Subang misalnya, itu ada 3 ribu, masa Karawang cuma segitu? Entahlah saya juga tidak mengerti,” sesalnya.

Baca juga: Komisi 1 DPRD Karawang Pastikan Penerimaan CPNS dan PPPK Berjalan Lancar

Dijelaskan Nandang, pihaknya sudah mengirim surat ke Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana untuk mengusulkan ke pemerintah pusat agar kuotanya bisa ditambah.

“Bupati kita mohon untuk berkirim surat ke MenPAN-RB agar kuotanya ditambah, terserah nanti pusat mengakomodirnya berapa, yang jelas kita ingin sebanyak-banyaknya, toh penganggarannya juga dari pusat,” kata Nandang.

Sebab, sambung dia, jika yang disediakan hanya 495 orang, ribuan guru honorer lainnya terancam gigit jari. “Bayangkan betapa ketatnya nanti persaingan tes PPPK, peluangnya lolosnya terlalu kecil,” ujarnya.

Dirinya mengisyaratkan, dari 6475 guru, setidaknya setengahnya agar terakomodir di tahun 2021 ini.

“Kalau setengahnya di tahun sekarang terpenuhi, 2022 nanti selesai, semua guru Karawang digaji oleh pemerintah pusat, jadi pemerintah daerah tinggal santai saja,” harapnya. (kie)