Beranda Regional Lepas 30 Penerima Beasiswa, Wabup Apresiasi SMK PGRI Telagasari

Lepas 30 Penerima Beasiswa, Wabup Apresiasi SMK PGRI Telagasari

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), H. Ahmad Suroto melepas secara simbolis 30 peserta pemagangan dan beasiswa pendidikan strata 1 (S1) ke Tajen University dan Tatung University, Taiwan, Senin (23/7/2018) pagi, di SMK PGRI Telagasari.

30 peserta pemagangan dan beasiswa tersebut terdiri dari 27 lulusan SMK PGRI Telagasari, 2 lulusan SMK PGRI Lemahabang dan 1 lulusan SMAN 1 Telagasari. Mereka akan melanjutkan pendidikan di Tatung Institut of Technologi, pada Program Studi (Prodi) Wedding Planning and Design sebanyak 5 orang.

Sementara di Tajen University, Prodi Recreation and Sport Management sebanyak 9 orang dan Prodi Food Science sebanyak 16 orang. Diperkirakan mereka akan diberangkatkan pada tanggal 1 sampai 23 Agustus 2018 mendatang.

Sedangkan 3 peserta lain akan diberangkatkan pada gelombang kedua, setelah 30 peserta pada gelombang pertama tiba di Taiwan. Meski pun ke 3 peserta tersebut belum memiliki perguruan tinggi yang dituju.

H. Ahmad Zamaksyari atau Kang Jimmy mengatakan, SMK PGRI Telagasari telah membuktikan sekolah swasta juga bisa bersaing dan tidak harus selalu sekolah negeri.

“Sekolah ini mampu memberangkatkan siswanya melanjutkan kuliah di luar negeri sambil bekerja. Malah ini jarang dilakukan oleh sekolah negeri sekalipun, kecuali memberangkatkan 1-3 siswa saja yang berprestasi. Para siswa akan melakukan 3 hari kuliah, 2 hari magang dan 2 hari libur,” katanya.

Kepala SMK PGRI Telagasari, Drs. H. Cecep Jalaludin menjelaskan, sekolahnya memiliki program kuliah dan kerja di luar negeri berawal dari rasa sakit hati, banyak lulusan SMK asal Karawang yang ditolak kerja di perusahaan-perusahaan di sejumlah kawasan industri di Karawang.

Kemudian ia bersama para guru terus memotivasi siswanya melalui bidang keahlian masing-masing, agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri. Untuk mempersiapkan itu, siswanya dilatih Bahasa Inggris aktif agar tidak kesulitan berkomunikasi di negara tetangga.

“Ini belum apa-apa, target kita semua lulusan SMK PGRI Telagasari kerja di Jepang,” ucapnya.(KB)