Beranda Regional Libur Aman, Awak Bus di Karawang Dites Urine

Libur Aman, Awak Bus di Karawang Dites Urine

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Dinas Kesehatan dan Dinas Pehubungan Kabupaten Karawang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada puluhan awak bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), di Terminal Tipe B Klari,  Karawang,  Untuk memastikan kelancaran dalam mudik libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019.
Kepala Dinas Pehubungan Kabupaten Karawang, Arif Bijaksana mengatakan, selain memeriksa kesehatan sopir dan awak bus, juga dilakukan tes urine guna memastikan para awak bus bebas narkoba.
 
“Pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini merupakan kerja sama Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional Karawang, dalam menghadapi angkutan mudik libur panjang natal dan tahun baru 2019,” kata Arif Bijaksana, kemarin.
 
Menurut Arif, pemeriksaan kesehatan bagi para awak bus sangat penting dilakukan, untuk mengetahui kondisi kesehatan sopir karena menyangkut keselamatan penumpang. 
 
“Kalau sopir dan kenek bus dalam keadaan sehat maka penumpang juga akan nyaman dan selamat sampai tujuan,” katanya.
 
Jika nanti ditemukan ada awak bus yang tidak sehat atau diketahui menkonsumsi narkoba, kata Arif, pihaknya mengaku akan merekomendasikan kepada pemilik perusahaan agar dilakukan pembinaan dan tidak boleh membawa armada. Selain pemeriksaan kesehatan juga pemeriksaan armada bus untuk memastikan kendaraan laik jalan. 
 
“Pemeriksaan kesehatan dan armada bus ini juga dilakukan sebagai  bahan untuk evaluasi para PO bus. Bahkan jika ada awak bus yang  kurang sehat, kita akan merekomendasikan kepada PO untuk memberikan pembinaan ke masing-masing awak busnya,” tambah dia.
 
Robi Hidayat, awak bus AKAP, menyambut baik adanya  pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada awak bus. Karena awak bus itu tanggungjawabnya besar dan ratusan nyawa penumpang yang menjadi taruhannya.
 
“Mudah-mudahan dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, kita bisa mengetahui apakah awak bus dalam keadaan sehat atau tidak,”  pungkasnya. (Nna/fzy)