Beranda Headline Libur Lebaran, Neng Anne Minta Destinasi Wisata di Purwakarta Terus Bersolek

Libur Lebaran, Neng Anne Minta Destinasi Wisata di Purwakarta Terus Bersolek

PURWAKARTA – Setiap momen libur lebaran, Kabupaten Purwakarta kerap menjadi sasaran destinasi wisata favorit bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya.

Tercatat ada 62 destinasi wisata baik alam maupun wisata kuliner yang siap sambut wisatawan Lebaran.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengimbau agar destinasi wisata di wilayahnya dipersiapkan dengan baik. Mengingat lonjakan wisata pada libur lebaran kali ini akan meningkat.

Baca juga: 183 Kades di Purwakarta Dapat Motor Dinas Baru, Satu Desa Kebagian Ambulans

“Saya minta semua pihak mengantisipasi lonjakan wisatawan lebaran nanti. Saya minta semua destinasi wisata dipersiapkan secara baik,” ujar Neng Anne, Sabtu (22/4).

Anne menyebutkan, jumlah pengunjung ke sejumlah destinasi wisata di Purwakarta lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari 200 ribu wisatawan. Angka itu sebagai bagian dari target kunjungan wisata ke Purwakarta sebanyak 2 juta jiwa selama tahun 2023 ini.

“Target itu sangat realistis mengingat Kabupaten Purwakarta memiliki banyak destinasi wisata unggulan,” katanya

Kabupaten yang sangat terkenal dengan produk manggis dan kuliner Sate Maranggi, tercatat memiliki 62 destinasi wisata. 30 di antaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi.

Baca juga: Kantor Kecamatan dan Dinas di Purwakarta Dipersilakan Jadi Rest Area Darurat Pemudik

Untuk menjamin kelancaran dan keamanan selama musim libur lebaran, Bupati Anne telah menginstruksikan Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) untuk berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan TNI-Polri.

“Kita ingin memastikan semua destinasi wisata siap menerima para wisatawan. Mereka adalah para tamu yang harus kita sambut dengan baik. Untuk itu kelancaran dan keamanan harus disiapkan dengan baik,” ungkapnya melansir detikcom.

Sementara, berkaitan dengan antisipasi potensi bencana akibat kondisi cuaca yang tidak menentu, khusus destinasi wisata yang lokasinya dekat dengan kawasan rawan bencana, Bupati Anne telah menginstruksikan BPBD Purwakarta untuk selalu siaga.

“Kita harus bisa mengantisipasi kemungkinan dampak buruk dari cuaca yang tidak menentu. Kita harus mengutamakan faktor keselamatan bagi para wisatawan maupun para pengelola destinasi wisatanya,” ujar Neng Anne. (*)