Beranda Regional Limbah Pindodeli 1 Bermasalah, DAS Citarum Jadi Hitam dan Bau

Limbah Pindodeli 1 Bermasalah, DAS Citarum Jadi Hitam dan Bau

KARAWANG – Setiap tahun Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum saat memasuki musim kemarau selalu berwarna hitam dan mengeluarkan bau tak sedap.

Sebelumnya, hitamnya dasar aliran sungai Citarum dikarenakan limbah yang mengerak selama bertahun-tahun yang diduga berasal dari limbah perusahaan.

Dugaan ditujukan kepada salah satu perusahaan yakni Pindodeli 1 saat diketahui adanya aliran limbah Pindodeli 1 yang berasal dari limpasan over flow saluran drainage.

Sementara itu, Humas Pindodeli 1, Andar, membenarkan adanya aliran-aliran limbah dari Pindodeli 1 pada hari ini Rabu 14 Juli 2021.

“Kami sampaikan bahwasanya aliran tersebut adalah limpasan over flow dari saluran drainage,” ujarnya.

Limpasan over flow dari saluran drainage tersebut, dikatakan Andar, diakibatkan adanya shut down PM yang menyebabkan kenaikan debit air.

“Di dalam lingkungan IPAL PindoDeli 1, di mana ada kenaikan debit air dikarenakan shut down PM. Kami juga sedang lakukan perbaikan primary clarifier,” kata Andar.

Akibatnya, lanjut Andar, pengolahan air limbah secara kimia, fisika dan biologi yang dilakukan oleh perusahaan Pindodeli 1 masuk ke Sungai Citarum.

“Ada limpasan air yang sudah diolah secara kimia dan fisika yang melimpas ke saluran drainage. Hal itu yang keluar ke sungai Citarum,” pungkasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengaku sudah melakukan pembendungan saluran drainage tersebut. “Sudah kami lakukan pembendungan saluran drainage serta mengalirkan limpasan ke bak serasi untuk diolah kembali,” paparnya.

Artikel sebelumnyaAjegile, Koruptor Dana Pendidikan Cuma Divonis 1 Tahun Penjara
Artikel selanjutnyaPT KAI Arogan, Kantor Desa Cikampek Kota Terpaksa pindah Ke Rumah Kades