Beranda Headline Lira Medika Serahkan Polemik Limbah Medis ke Pihak Kepolisian

Lira Medika Serahkan Polemik Limbah Medis ke Pihak Kepolisian

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Rumah Sakit Lira Medika tidak ingin menambah gaduh pemberitaan soal polemik temuan sampah domestik bercampur limbah medis di TPS Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Karawang.

Humas Lira Medika, Aditya, mengatakan, pilihan terbaik yang ditempuh manajemen saat ini adalah menyerahkan sepenuhnya permasalahan kepada pihak berwenang.

“Kaitan permasalahan ini, kami serahkan sepenuhnya kepada petugas kepolisian dan menunggu hasil penyelidikannya,” ujar Aditya, kemarin.

Aditya menjelaskan, pihaknya hanya akan menginformasikan fakta pengangkutan dan pengelolaan sampah yang berjalan selama ini di RS Lira Medika tanpa bermaksud untuk menuding atau menduga-duga siapa pelaku di balik kejadian tersebut.

“Sampah yang ada di RS Lira Medika ada dua jenis, yaitu sampah medis dan sampah non medis (domestik). Untuk semua jenis sampah tersebut, RS Lira Medika mensubkonkannya kepada pihak ketiga yang memiliki kompetensi dan perizinan sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

“Sesuai standar, RS Lira Medika memiliki TPS di dalam lingkungannya sendiri yang memisahkan sampah domestik, sampah medis, dan limbah B3. Tidak sekadar memisahkan, sarana prasarana bahkan teknis keadaan TPS semuanya dipenuhi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dari TPS tersebutlah vendor pihak ketiga melakukan pengangkutan dan pengolahan sampah,” timpal Aditya lagi.

Manajemen, kata Aditya, juga heran mengapa ada temuan sampah domestik yang bercampur limbah medis.

“Kami tidak tahu dan tidak berwenang untuk menduga-duga,” tandasnya.

Hanya saja, pihaknya menegaskan temuan atas kertas atau plastik yang menuliskan identitas rumah sakit tentu itu tergolong sampah domestik. Selebihnya, temuan yang diduga merupakan limbah medis tidak akan dikomentari lebih jauh untuk menghormati proses penyelidikan yang sedang berlangsung.

“Tentunya kami berharap polemik ini segera tuntas,” pungkasnya. (fzy)