Beranda Regional Lomba Teater Kembali Digelar dalam Semarak Bulan Bahasa Unsika

Lomba Teater Kembali Digelar dalam Semarak Bulan Bahasa Unsika

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Ajang bulan bahasa menjadi program rutin tahunan yang digelar Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Univeritas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika). Ajang yang setiap tahunya diikuti oleh ratusan pelajar se-Kabupaten Karawang ini, selalu memberikan banyak kejutan kejutan baru, baik dari cabang lomba maupun pemenangnya.

“Tahun ini lomba teater kembali diadakan setelah ditiadakan sejak penyelenggaraan pertama bulan bahasa tahun 2015 lalu,” ungkap Kaprodi PBSI Unsika, Slamet Triyadi M.Pd saat diwawancarai di kantornya, Rabu (3/10/2019) siang.

Slamet mengungkapkan, ajang bulan bahasa sudah berjalan selama 5 kali berturut-turut. Dan selama perjalanan lomba tersebut, banyak dari para peserta yang memberikan masukan agar cabang teater kembali diperlombakan. Hal tersebut menurutnya sangat relevan dan masuk akal. Pasalnya di kampus PBSI, ada Rintis Teater sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sangat aktif dan banyak peminatnya.

“Sepertinya perlombaan teater sangat sejalan dengan jurusan kami. Inilah yang menjadi bahan pertimbangan saya dan kawan kawan mahasiswa untuk menghidupkan kembali lomba teater di Bulan Bahasa,” kata Slamet.

Sementara itu, Ketua Divisi Acara Bulan Bahasa, Nabila mengatakan, bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah Bahasa Bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya menyatakan bahwa Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional sekaligus Bahasa pemersatu bangsa. Oleh karena itu, pada bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa.

“Bukan hanya dalam rangka Sumpah Pemuda saja, tetapi Bulan Bahasa sebagai salah satu Program Kerja (Proker) dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang sudah menjadi agenda tahunan (rutin) digelar,” tutur Nabila.

Selain itu, Nabila menjelaskan, pada rangkaian kegiatan Bulan Bahasa tahun ini, pihaknya menyelenggarakan beberapa kegiatan yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu lomba baca puisi, musikalisasi puisi, teater dan cerpen bagi pelajar SMA sederajat. Kedua, lomba baca puisi, film pendek dan musikalisasi puisi bagi mahasiswa PBSI Unsika. Ketiga untuk kategori umum adalah lomba penulisan esai.

“Untuk tingkat mahasiswa dan umum dilaksanakan 11 November 2019. Sementara untuk pelajari dilaksanakan 12 November 2019,” ucapnya. (cr2/dhi)

Komentar Facebook