Beranda Regional Mantan Pimpinan Dewan Belum Juga Kembalikan Mobil Dinas

Mantan Pimpinan Dewan Belum Juga Kembalikan Mobil Dinas

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Miris, Meski tak lagi menjabat sebagai pimpinan DPRD, dua anggota dewan dari PDIP dan Partai Demokrat mantan pimpinan DPRD periode 2014- 2019 lalu, yang terpilih kembali pada Pemilu Legislatif April 2019 ini, diketahui belum juga mengembalikan kendaraan dinasnya.

Padahal secara aturan kendaraan yang merupakan aset daerah itu harus dikembalikan ketika jabatan berakhir. Dan kedua wakil rakyat tersebut pun sudah menerima haknya berupa tunjangan transportasi.

Menurut Kepala Bidang Aset Daerah BPKAD Kabupaten Karawang, Hesti, sampai hari ini dari empat kendaraan dinas mantan pimpinan DPRD periode lalu, baru dua yang dikembalikan yaitu Kendaraan dinas milik Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II, Sri Rahayu Agustina dari Partai Golkar dan Ajang Supandi dari Partai Gerindra.

“Belum, baru dua,” katanya menyebutkan.

Hesti mengatakan pihaknya tidak memiliki kewenangan menegur atau menagih, selain hanya menunggu kendaraan – kendaraan dinas tersebut dikembalikan oleh pihak pengguna.

Dijelaskannya, setelah dikembalikan ke aset, terhadap kendaraan- kendaraan tersebut nantinya akan dilakukan proses lelang.

“kita akan lelang, nanti kita lihat seperti apa,” jelasnya.

Ditambahkannya, sesuai Permendagri No. 19/2016 tentang Tata Cara Pengamanan Kendaraan Dinas bahwa prosedur proses pelepasan aset negara harus dilakukan dalam lelang terbuka.

” seperti yang diamanatkan dalam Permendagri Nomor 19 tahun 2016 tentang Tata Cara Pengamanan Kendaraan Dinas. Penghapusan atau pemutihan kendaraan dinas dengan cara dibeli langsung pejabat negara (Dum) sudah tidak lagi diperbolehkan, harus dilelangkan,” pungkasnya. (nna/dhi)