Beranda Regional Marak Eksploitasi Anak, Satpol PP Cikampek Diminta Razia

Marak Eksploitasi Anak, Satpol PP Cikampek Diminta Razia

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- Miris masih banyaknya anak dibawah umur di Cikampek mencari nafkah dengan cara membersihkan kaca mobil. Dibawah guyuran air hujan anak-anak itu terpaksa mengais rejeki di depan Plaza Cikampek, Rabu(20/12).

Kondisi tersebut seharusnya tidak boleh terjadi jika petugas Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol) Kecamatan Cikampek kerap lakukan razia di wilayah Cikampek.

Menurut Endang Mulyadi, Tokoh masyarakat Cikampek, para petugas Satpol PP seharusnya melakukan razia terhadap gepeng dan anak-anak dibawah yang kerap berada dijalanan. Pasalnya, anak-anak kecil tidak pantas untuk bekerja seperti itu.

“Saya kira itu terjadi ekploitasi terhadap anak-anak dibawah umur yang sengaja oleh orang tuanya untuk mengamen dan cari uang di seputar Pasar Cikampek dengan cara membersihkan kaca mobil,” katanya kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Rabu(20/12).

Dikatakan, fenomena anak jalanan di wilayah Cikampek sudah merusak tatanan sosial yang perlu diselamatkan oleh semua pihak. Karena bukan hanya di depan Plaza Cikampek saja banyaknya gepeng dan anak-anak mengamen dan membersihkan kaca mobil melainkan di depan Mall Cikampek pun marak banyak anak jalanan.

“Tolonglah dilakukan razia oleh Satpol PP Cikampek agar di Cikampek bebas dari eksploitasi anak-anak,” tandasnya.

Dia juga berharap kepada Dinas Sosial Karawang untuk melakukan pendataan anak jalanan di Cikampek. Agar keberadaan anak jalanan terdata dengan akurat.

“Selama ini kita tidak tahu berapa jumlah anak jalanan. Apakah anak-anak tersebut putus sekolah atau memang masih sekolah. Inilah tugas Dinas Sosial Karawang yang harus turun langsung bersama Satpol PP guna melakukan pembinaan,” ujarnya.

Senada disampaikan Yadi, salah seorang PKL di Cikampek. Ia sering melihat anak-anak ngamen dan turun kejalan mencari nafkah. Padahal orang tuanya anak-anak tersebut berada tidak jauh dilokasi tempat ngamen atau jasa pembersih kaca.

“Kasihan anak-anak tersebut sepertinya sengaja dipekerjakan oleh orang tua. Makanya sepakat jika dilakukan razia. Supaya orang tuanya dapat dibina. Kalau anak-anaknya sih gak salah. Mungkin takut pada orang tuanya,” katanya.

Sementara itu, Nanang(10) bocah jalanan mengatakan kalau dirinya sengaja mencari uang untuk bantu orang tuanya.

“Ya, aku sengaja bantu orang tua cari uang dengan cara mengamen dan bersiihkan kaca mobil di depan Plaza Cikampek dan sekitarnya,” singkatnya.(dej/ris)