Beranda Regional Masuki Tahun Politik, Kesbangpol Tingkatkan Pengawasan

Masuki Tahun Politik, Kesbangpol Tingkatkan Pengawasan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Memasuki tahun politik 2018-2019, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karawang tingkatkan pengawasan dan pembinaan pada berbagai elemen masyarakat. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat berpotensi mengganggu kondusifitas di daerah.

“Kesbangpol adalah lembaga yang mempunyai visi-misi menciptakan kondusivitas di Karawang. Karena itu kami tingkatkan pengawasan dan pembinaan, salah satunya dengan menyelesaikan persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, seperti soal rumah ibadah,” ujar Kepala Kesbangpol Karawang, Sujana saat ditemui KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Selasa (16/1).

Ia mencontohkan, sejak awal Januari 2018 telah ada 4 kasus yang masuk dan ditangani pihaknya mengenai penolakan rumah ibadah oleh warga. 3 diantaranya telah diselesaikan, sedangkan 1 kasus lainnya masih dalam proses.

“Jika masalah-masalah seperti itu dibiarkan begitu saja, bisa memicu konflik horizontal lebih luas. Sebab, tugas kami memang memberikan solusi atas permasalahan yang dapat memecah belah persatuan, dan menimbulkan gangguan kondusifitas,” katanya.

Disadari Sujana, politik identitas yang saat ini mengarah pada isu SARA kerap dijadikan alat oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, untuk menggiring opini kepada salah satu kelompok dan menciptakan suasana yang tidak kondusif.

“Makanya Kami akan meningkatkan koordinasi dengan tim dan leading sektor terkait, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Seperti pihak Kepolisian, Kejaksaan, Kodim, Yonif, MUI dan FKUB,” katanya.

Saat ini, pihaknya terus mencari informasi dan data yang mungkin berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak baik.

Sementara itu, terkait Pilgub Jabar 2018, pada bulan Maret pihaknya bersama Kesbangpol Provinsi Jabar akan melaksanakan kegiatan gelaran budaya dan sosialisasi.

“Dulu pernah kita laksanakan di Tugu Rengasdengklok, sementara untuk yang akan datang di konsentrasikan di Lapangan Karangpawitan. Tujuan kita itu sukses melaksanakan Pilgub Jabar tanpa ekses, dan terciptanya kondusifitas di daerah,” katanya.(put/ris)