Beranda Regional Masyarakat Jatisari Diminta Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Masyarakat Jatisari Diminta Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Tingginya intensitas curah hujan tinggi mengguyur Perum Cikampek Baru Balonggandu Jatisari sekitar satu jam lebih sekitar pukul 16:00 WIB, Selasa(18/12) berdampak meluapnya air sampai ke jalan di Blok D dan E.

Terjadinya pendangkalan saluran got di berbagai blok berdampak tidak lancarnya saluran air. Hal ini kerap terjadi apabila intensitas curah hujan tinggi mengguyur Perum Cikampek Baru Balonggandu Jatisari.

Menurut Bambang (38) warga Blok D Perum Cikampek Baru Balonggandu Jatisari bahwa tingginya intensitas hujan mengakibatkan air meluap yang berasal dari berbagai saluran got yang ada di pemukiman.

“Kalau hujan normal air tidak sampai meluap ke bahu jalan. Tapi jjka hujan deras dipastikan air meluap ke badan jalan,” katanya. Dikatakan Bambang, agar tidak terjadinya luapan air hujan. Perlu dilakukan pengangkatan lumpur disetiap got. Sehingga got tidak terjadi pendangkalan.

“Harus dibersihkan saluran got yang sudah mendangkal disetiap pemukiman. Supaya pada saat hujan turun air dapat tertampung di saluran got baik di Blok D dan E Perum Cikampek Baru Balonggandu Jatisari,”tandasnya. Ia juga berharap semua warga agar tidak membuang sampah disetiap saluran got. Sebab dampaknya akan terasa pada saat turun hujan.

“Salah satu faktor terjadi penyumbatan di got ada tumpukan sampah. Meskipun tidak terlalu banyak tapi menghambat kelancaran air mengalir di saluran got,” paparnya.

Sementara Soleh(46) Ketua RT 05/08 Perum Cikampek Baru Balonggandu. Ia menyampaikan agar tidak terjadi penyumbatan di saluran got. Maka warga perlu kerja bakti membersihkan saluran got.

“Saluran got itu kalau tidak dibersihkan setiap minggu. Dipastikan terjadi pendangkalan. Maka perlu dibersihankan melalui sistem gotong royong kerja bakti,”paparnya.

Ia menjelaskan kondisi lingkungan di Blok F Perum Cikampek Baru Balonggandu Jatisari bebas dari luapan air di saluran got. Sebab setiap minggunya dilkukan kerja bakti membersihkan saluran got di setiap bloknya.

“Alhamdulillah kalau di Blok F 1,2,3,4 dan 5 bebas dari luapan air hujan. Meskipun intensitas curah hujan tinggi mengguyur pemukiman warga,”pungkasnya.(Cr3/ris)