Beranda Headline May Day 2024, Momentum Teguhkan Komitmen Karawang Ramah Investasi 

May Day 2024, Momentum Teguhkan Komitmen Karawang Ramah Investasi 

May day 2024 buruh di karawang
Momen sukacita massa buruh bersama unsur Forkopimda memperingati May Day 2024.

KARAWANG – Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh tiap 1 Mei, buruh di Karawang, Jawa Barat biasa mengisinya dengan aksi unjuk rasa. Berbeda di tahun ini, mereka memaknainya dengan riang gembira dan aksi kemanusiaan.

Hal itu terlihat saat massa buruh bersuka cita merayakan May Day bersama unsur Forkopimda di halaman Kantor Disnakertrans Karawang pada Rabu (1/5) pagi.

Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mengapresiasi komitmen elemen buruh menciptakan Karawang yang kondusif, aman dan nyaman.

Baca juga: May Day 2024, Ribuan Buruh Karawang Bergerak ke Jakarta Hari Ini

“Alhamdulillah kami sampaikan ucapan terimakasih hari buruh dirayakan berjalan lancar, dan insyaallah besok akan ada rangkaian kegiatan baksos buruh yang akan dilaksanakan di lapangan Galuh Mas  seperti donor darah, sumbangan yatim, sunatan massal dan lainnya,” kata Aep.

Menurutnya, pemerintah daerah, pihak kepolisian maupun buruh bersepakat menjaga iklim investasi di Karawang yang aman dan penuh kepastian.

“Jadi kami pun sama, bahwa hari ini kita bicara dengan semua elemen KBPP (koalisi buruh pangkal perjuangan), ini yang terbaik buat Karawang,” ujarnya.

May day 2024 buruh di karawang
Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono dalam acara peringatan May Day 2024 bersama buruh di Disnakertrans Karawang.

Senada, Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, mengingatkan bahwa komitmen menciptakan Karawang ramah investasi adalah tanggungjawab bersama.

Baca juga: Bangunan SDN Margamulya II Rusak dan Tak Terawat, Bupati Karawang Siap Renovasi

Pihaknya mengapresiasi langkah elemen buruh yang memilih memaknai May Day melalui kegiatan sosial kemanusiaan.

“Layaknya hari ini, diwarnai kegiatan syukuran, besok difasilitasi pemda dan Apindo (asosiasi pengusaha Indonesia) melakukan baksos di Galuh Mas,” serunya.

Ingin Karawang ramah investasi

Perwakilan KBPP, Nandang Subagio turut mengamini hal itu. Dia meyakini, terjaganya kondusifitas di Karawang akan beriringan dengan banyaknya investasi yang masuk.

Baca juga: KASN Warning ASN Nyalon Pilkada Karawang Jangan Langgar Aturan Netralitas

Sehingga akan berefek domino terhadap meningkatnya penyerapan tenaga kerja.

“Kami tetap akan mengawal, menjaga bagaimana agar buruh Karawang jangan sampai dikurangi hak-haknya, kurangi pengangguran, ikuti aturan yang ada, dan menciptakan Karawang ramah investasi,” tutupnya. (*)