Beranda Headline Melebihi Target, Realisasi Investasi 2021 di Karawang Capai Rp26,6 Triliun

Melebihi Target, Realisasi Investasi 2021 di Karawang Capai Rp26,6 Triliun

KARAWANG – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang, Eka Sanatha menyebut, realisasi investasi di Karawang selama tahun 2021 mencapai Rp26,6 Triliun atau lebih 11,65 persen dari target Rp23,85 Triliun.

“Dalam capaian realisasi investasi tahun 2021, Kabupaten Karawang mencapai angka Rp. 26,6 Triliun atau terealisasi lebih 11,65 Persen dari target Rp 23,85 Triliun,” imbuh Eka, Rabu (16/3/2022).

Rinciannya, capaian Rp 26,6 Triliun, sebesar Rp. 18,62 Triliun berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Rp 8 Triliun berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Baca juga: Genjot Iklim Investasi, Layanan Kesehatan Intibios Hadir di Karawang

“Itu peningkatan, pada tahun 2019, capaian realisasi investasi Karawang sebesar Rp. 24,3 Triliun atau lebih tinggi 8,78 Persen. Namun, karena dampak pandemi covid-19, di tahun 2020 realisasi investasi Karawang sebesar Rp. 16,7 Triliun,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, dengan capaian tersebut, Kabupaten Karawang menduduki urutan ke-5 se-Indonesia dan untuk di Jawa Barat sendiri menduduki urutan ke-2, setelah Kabupaten Bekasi dalam pencapaian realisasi investasinya.

“Ya alhamdulillah, beberapa waktu lalu, Ibu Bupati Karawang bersama 9 Kepala Daerah lainnya mendapatkan penghargaan dari Kementerian Investasi, karena melampaui target,” tutur Eka.

Baca juga: Purwakarta Sabet Anugerah Layanan Investasi 2021

Tambahnya, investasi di Karawang didominasi oleh sektor manufaktur yang berlokasi di kawasan industri. Salah satu yang tengah dibangun yakni pabrik multinasional seperti perusahaan baterai mobil listrik PT HKML Battery Indonesia di Kompleks Karawang New Industrial City (KNIC) dengan investasi US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun (kurs Rp14.500).

Meningkatnya investasi itu, diakuinya merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik.

Baca Juga :   Karawang Dapat Kuota 986 Jemaah Haji, Ini Jadwal Keberangkatannya

“Salah satu upayanya yakni peningkatan pelayanan publik dengan mempermudah investor dalam setiap pembuatan dokumen dan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, target capaian investasi Kabupaten Karawang tahun 2022 sebesar Rp. 29 Triliun. Dan Ia juga optimis capaian target investasi dapat tercapai.

“Bukan nilai yang sedikit, namun, melihat Kabupaten Karawang sendiri memiliki banyak potensi yang menggiurkan bagi investor, insyaallah target tersebut dapat kita capai,” pungkasnya. (kii)

Artikel sebelumnyaSstt… Penghulu Buka-bukaan soal Poligami PNS di Karawang
Artikel selanjutnyaMelebihi Target, Realisasi Investasi 2021 di Karawang Capai Rp26,6 Triliun