Beranda Regional Menengok Cantiknya “Underpass” di Perempatan Lebak Bulus

Menengok Cantiknya “Underpass” di Perempatan Lebak Bulus

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID— Underpass Kartini di Jalan RA Kartini, tepatnya di perempatan Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, telah rampung dan dilengkapi dengan lampu warna-warni.

Berdasarkan pantauan TVBERITA.CO.ID- pada Jumat (23/2/2018), beberapa lampu dipasang di “atap” terowongan tersebut. Lampu itu menyala dan berwarna putih.

Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hananto Krisna mengatakan, lampu sorot itu bisa berubah warna, seperti tata cahaya lampu di Simpang Susun Semanggi.

“Iya, warnanya bisa berubah-ubah,” ujar Hananto kepada TVBERITA.CO.ID-.

Hananto menjelaskan, lampu warna-warni itu merupakan bagian dari tata cahaya artistik di underpass Kartini. Tujuannya tak lain untuk mempercantik kondisi underpass tersebut.

“Underpass Kartini ini memang dilengkapi dengan tata cahaya artistik, baik di dalam terowongan maupun di simpang perempatannya. Ini untuk menambah keindahan di Simpang Kartini,” kata Hananto.

Selain tata cahaya artistik, hal lain yang mempercantik underpass Kartini adalah motif dinding menyerupai air yang mengalir dan dinding pot bermotif gigi balang khas Betawi. Dinding underpass itu tidak dicat.

Underpass yang sudah rampung dibangun itu mulai dibuka dan bisa dilalui kendaraan sejak Kamis (22/2/2018) siang. Namun, underpass dari arah Pondok Indah menuju Lebak Bulus itu baru dibuka satu lajur, yakni lajur kiri.

Traffic cone dan garis kuning-hitam dipasang di tengah kedua lajur agar lajur kanan tak dilintasi. Lajur kanan baru akan dibuka setelah underpass tersebut diresmikan.

Lampu untuk mempercantik Underpass Kartini di Jalan RA Kartini, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, bermotif air mengalir. Foto diambil Jumat (23/2/2018).(kb)