Beranda Regional Menteri PUPR Janjikan Tahun Ini Fungsi Sungai Bisa Dikembalikan

Menteri PUPR Janjikan Tahun Ini Fungsi Sungai Bisa Dikembalikan

TVBERITA – Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan pihaknya berupaya dalam setahun ini, program pengembalian fungsi sungai dapat dilaksanakan bekerjasama dengan stakeholder terkait. Terlebih dahulu melakukan desain sesuai keberadaan lokasi komersil Kota Bintang.

“Saya kira masih ada lahan. dengan investor kita cari solusinya dan desain bareng untuk bisa Kita mengembalikan fungsinya,” kata Basoeki

Sebelumnya, Kementerian PUPR dan Deputi ATR/BPN meninjau kolong JORR, Kalimalang pada saat bajir beberapa waktu lalu. Hasilnya, kali Cakung mengalami penyempitan badan sungai yang seharusnya 12 meter eksisting hanya 6 meter.

“Jadi kemarin kan, Banjir di kolong tol dan ini terjadi terus-terusan. Kami waktu banjir saya turunkan Tim disini. Dan evaluasinya bersama dengan deputi ATR pa Situmorang ditemukan bahwa ini aslinya kan 12 meter, lebarnya. Itu bisa diitung debitnya berapa maksimum. Begitu masuk kesini, itu menjadi 6 meter. Kita sekarang, ATR memiliki mekanisme restoratif justice,” kata Basoeki.

Dirinya mengatakan sudah investasi sudah besar jadi tinggal cari jalan keluarnya untuk tetap mempertahankan fungsi sungai sebagai drainasenya. Nanti pak bupati (walikota) juga punya program embung-embung disini.

“tapi intinya hari ini kita melihat mengembalikan fungsi yg menjadi kecil dikawasan ini. Saya kira masih ada lahan. dengan investor kita cari solusinya dan desain bareng untuk bisa kita mengembalikan fungsinya,” ungkapnya. (ais/red)