Beranda Regional Miliki Sejarah Kemerdekaan, Gedung Kewedaan Rengasdengklok Terbengkalai

Miliki Sejarah Kemerdekaan, Gedung Kewedaan Rengasdengklok Terbengkalai

Sejarah panjang kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peranan pemuda yang menculik Soekarno ke Rengasdengklok untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, untuk pertama kalinya bendera merah putih di kibarkan di kantor kewedaan Rengasdengklok, namun miris, tempat tersebut kini terbengkalai dan dijadikan tempat parkir.

Ketua DPD KNPI Karawang, Guntar Mahardika, SM berharap Pemkab untuk lebih memperhatikan tempat sejarah tersebut.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang lebih peduli terhadap situs sejarah khususnya di Rengasdengklok. Kalau boleh ngasih saran lebih baik untuk gedung juang atau sarana prasarana kepemudaan nanti bisa juga kita adakan kegiatan seni, budaya dan theater di lokasi tersebut,” kata Guntar Mahardika, SM pada Rabu (11/8/2021).

Guntar juga mengatakan, sudah seharusnya tempat sejarah kemerdekaan Indonesia mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

“Walau bagaimana pun, kita tidak boleh melupakan sejarah, maka penting kantor kewedaan dan tempat -tempat sejarah lainnya dipelihara jangan sampai jadi tempat parkir,” pungkasnya.

Guntar menambahkan kita sebagai orang Karawang punya tanggung jawab untuk memperkenalkan tempat sejarah yang ada di Karawang, khususnya tempat sejarah perumusan kemerdekaan yang ada di Rengasdengklok kepada anak cucu.

“Agar anak cucu kita juga bisa menikmati dan mengetahui bahwa di Rengasdengklok inilah Soekarno -Hatta merumuskan kemerdekaan RI,” tutupnya. (ddi)

Artikel sebelumnyaKomisi II DPRD Lakukan Kunker ke Bapenda Karawang
Artikel selanjutnyaMasuk 3 Besar Nasional, DPRD Ingin Wisata Puncak Sempur Jadi Proyek Monumental Cellica-Aep