Beranda Headline Mini Zoo di Karangpawitan 2 Tak Terawat, Hewannya Sempat Lepas dan Menyerang...

Mini Zoo di Karangpawitan 2 Tak Terawat, Hewannya Sempat Lepas dan Menyerang Anak-anak

KARAWANG – Kondisi Mini Zoo di Karangpawitan 2, Kampung Kepuh, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat amat memprihatinkan. Nampak hewan-hewannya tak terawat, dan pelataran kandang yang penuh sampah buah dan plastik.

Pantauan di lokasi, 12 kandang di mini zoo tersebut terisi 7 ekor monyet. Bahkan satu diantaranya mengalami bibir sobek.

Tak jarang, kawanan monyet tersebut bersikap agresif akibat kondisi kandang yang kumuh dan perut yang lapar.

Diketahui, monyet tersebut merupakan hewan primata asal Kalimantan.

Agus (60) warga sekitar mengatakan, kondisi mini zoo saat ini kurang baik. Terlebih melihat kondisinya yang kurang perhatian dan tampak kumuh. “Kondisinya kurang bagus, apalagi sempat ada beberapa hewan yang terlepas dan menyerang anak-anak di sekitar lokasi,” akunya.

Dikatakannya, ada satu petugas yang rutin memberi makan satwa tersebut setiap harinya. “Tiap hari ada petugas yang ngasih makan, pagi dan sore,” ujarnya.

Hanya yang disayangkan, lanjut dia, kandang tersebut dibersihkan hanya sebulan sekali, sehingga kondisinya selalu terlihat kotor. “Dibersihkannya cuma sebulan sekali,” imbuh dia.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Karawang, Tatang Sutisna menjelaskan, pihaknya tidak tahu menahu kaitan perawatan mini zoo tersebut. “Saya nggak tau kalau mini zoo itu di bawah PRKP,” terangnya.

Ia menyarankan agar redaksi mengkonfirmasi ke Dinas PUPR. “Coba ke PUPR, soalnya setahu saya (mini zoo) itu bukan di PRKP,” kata Tatang. (kii)