Beranda Regional Minim Peserta, 10 Parpol Absen di Deklarasi Pemilu Damai Karawang

Minim Peserta, 10 Parpol Absen di Deklarasi Pemilu Damai Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Miris, Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang minim peserta.

Pantauan wartawan Tvberita.co.id dilapangan, kegiatan yang digelar di halaman depan gedung Plaza Pemerintahan Daerah Kabupaten Karawang ini hanya dihadiri 6 Partai Politik.

Dari 16 parpol peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Karawang. Yaitu Partai Gerindra, Golkar, Berkarya, PSI, PBB dan PAN. Bahkan, Bupati Karawang pun absen dan diwakilkan oleh Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan, Samsuri.

Dari jajaran Muspida lainnya, hanya hadir  Ketua DPRD Kabupaten Karawang dengan diwakilkan dan Polres Karawang yang juga diwakilkan.

Sementara itu Kejaksaan Negeri Karawang dan Kodim 0604/ Karawang tidak nampak perwakilan yang hadir.

Padahal, terciptanya Pemilu 2019 damai menjadi sebuah impian seluruh unsur masyarakat, terlebih bagi Bawaslu dan KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu.

“Kita sebenarnya sudah undang semua. Namun karena kemungkinan ini di hari minggu jadi banyak yang tidak hadir. Dan yang tidak hadir memang telah mengkonfirmasi kepada saya,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Karawang Kursin Kurniawan, saat ditemui disela-sela kegiatan deklarasi tersebut.

Sementara itu, Endang (40 tahun)  warga Telukjambe Barat yang turut mengikuti kegiatan tersebut turut berkomentar, banyaknya partai politik yang tidak hadir menjadi pertanyaan bagi dirinya sebagai warga masyarakat.

Menurutnya, mudah- mudahan  para partai politik tersebut tidak hadir, bukan berarti parpol tidak mendukung deklarasi damai dan poin-poin yang dideklarasikan.

“Dalam hal kegiatan-kegiatan seperti ini. Mestinya, parpol antusias dan tampil terdepan. Deklarasi ini merupakan bagian dari pendidikan politik untuk kami warga masyarakat. Karena Parpol punya tanggung jawab yang besar,” ujar Endang yang memang setiap minggu selalu rutin berolahraga pagi Care Free Day.(nna/ton)