Beranda Regional Mobil Kontainer Hantam Gerbang Tol Karawang Barat 2

Mobil Kontainer Hantam Gerbang Tol Karawang Barat 2

Sebuah mobil kontainer berplat nomor B 9658 UEM menghantam gerbang tol Karawang Barat 2, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Sabtu (17/7).

Truk kontainer tiga sumbu tersebut mengangkut bahan baku pabrik.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar jam 12 siang. Mulanya, sopir truk bernama Jajuli (30) asal Bogor membawa kontainer dari arah Tanjungpriok ke Karawang. Ia diperingati pengendara lain soal ban kontainernya yang kempes.

“Rencananya saya mau periksa dengan menepikan kendaraan, saat saya injak rem ternyata sudah tidak terasa, remnya blong,” kata Jajuli.

Saat mengetahui remnya blong, jarak kontainer dengan gerbang sekitar 500 meter. Cukup untuk melambatkan laju kontainer. Sayangnya, kondisi jalan yang menurun justru malah mempercepat laju kontainer.

Jajuli berinisiatif membuang kontainer ke arah kanan karena ia melihat banyak sekali kendaraan di sebelah kiri. Kebetulan, gardu tol sebelah kanan dalam keadaan kosong. Jajuli juga sengaja menyerempet pembatas tol di sisi kanan jalan agar laju kontainer bisa diperlambat.

Namun kontainer tetap melaju kencang sehingga menghantam tiang dan gardu tol yang kondisinya sudah kosong.

Beruntung, gerbang tol Karawang Barat 2 hanya mengaktifkan satu dari dua gardu tol di sebelah kiri. Sehingga peristiwa ini tidak sampai merenggut korban jiwa.

“Tadi kalau saya buang ke kiri pasti habis, banyak korban. Berhubung jalur kanan tidak aktif, saya buang ke kanan. Lebih baik saya menghantam gerbang tol daripada mobil-mobil yang banyak sebelah kiri,” kata Jajuli.

Kepada wartawan, Jajuli kontainer mengaku sempat tidak sadarkan diri selama satu jam di dalam kemudi karena punggungnya menghantam alat pemadam api yang disimpan di dalam kemudi.

Petugas security kemudian mengevakuasi Jajuli dari balik kemudi. Begitu sadar, Jajuli sempat mematikan mesin kontainer sebelum terlambat. jajuli khawatir terjadi ledakan karena tangki penyimpanan bahan bakar bocor.

Terpantau di lokasi saat ini petugas masih berusaha mengevakuasi kendaraan yang posisinya terguling ke sebelah kiri. Tidak ada kemacetan dalam peristiwa ini sebab kondisi gerbang tol Karawang Barat 2 sepi dari kendaraan.