Beranda Headline Monumen Tugu Proklamasi Rengasdengklok Berubah Fungsi Jadi Tempat Dagang

Monumen Tugu Proklamasi Rengasdengklok Berubah Fungsi Jadi Tempat Dagang

RENGASDENGKLOK, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah ruang publik berikut sarana fasilitas umum di sekitar area Monumen Tugu Proklamasi Rengasdengklok secara perlahan tampak menghilang dan beralihfungsi menjadi ruang komersil.

 

Seiring waktu, tampilan dari tata ruang area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok mulai berubah warna.

Mirisnya, pembangunan dan pengembangan tata ruang berikut ruang publik dan fasilitas umum di area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok dinilai jauh melenceng dari tujuan mendirikan situs bersejarah sebagai daerah kunjungan wisata. Faktanya, tampilan wajah dari kawasan area monumen tugu proklamasi Rengasdengklok seiring kemajuan pembangunan lebih mirip sebagai kawasan pasar dagang yang tanpa aturan meski berada di depan muka Kantor Pemerintah Kecamatan Rengasdengklok.

Kendati sebagai lokasi yang tampak menghasilkan pendapatan daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang terlihat kurang memperhatikan beberapa kerusakan fasilitas umum di dalam area lokasi monumen tugu proklamasi Rengasdengklok yang dianggap mengganggu kenyamanan publik dan pengunjung.

Dikatakan warga sekitar, Tebe, pemandangan Monumen Tugu Proklamasi cukup memprihatinkan apabila sudah diguyur hujan karena banyak terdapat kubangan air karena sistem drainase yang ada kurang. Dengan banyaknya pengunjung dan pedagang di sekitar area tersebut membuat banyaknya sampah yang dihasilkan sihingga perlu penanganan yang lebih ekstra.

Terlebih saat bulan puasa seperti sekarang ini, banyak sekali pedagang pakaian yang berdagang disana, hal tersebut menurutnya sangat merusak keasrian Tugu Proklamasi Rengasdengklok.

Menurut Tebe selama ini Monumen Tugu Proklamasi menjadi salah satu tempat tujuan wisata para warga sekitar terutama pada sore hari. Banyak warga yang membawa anaknya untuk sekedar melihat-lihat atau untuk berfoto-foto di sekitar Tugu atau membawa anaknya untuk menaiki beberapa alat permainan anak yang disewakan disana.

Warga mengharapkan agar pihak Cipta Karya lebih serius dalam memelihara dan menata Monumen Tugu Proklamasi dan menata para pedagang sehingga Monumen Tugu Proklamasi akan tetap menjadi kebanggan masyarakan Rengadengklok.(yay/ris)