Beranda Regional MPLS di SMAN 5 Karawang, Siswa Diajak Sadar Hukum dan Tertib Berlalu...

MPLS di SMAN 5 Karawang, Siswa Diajak Sadar Hukum dan Tertib Berlalu Lintas

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sebanyak 428 siswa-siswi baru SMAN 5 Karawang Tahun Ajaran 2018-2019 mengikuti Penataran Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah, Selasa(17/7).

Peserta didik baru ini mengikuti program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 3 hari dari tanggal 16 hingga 18 Juli, dilanjutkan orientasi pramuka dari tangggal 19 hingga 21 Juli 2018, yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dengan pengawasan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan mengatakan, MPLS bagi peserta didik baru bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah dan menjadi sarana bersosialisasi dengan teman-teman, guru-guru, serta komponen-komponen yang ada di sekolah. Semua siswa baru wajib ikuti penataran MPLS agar mengenal lingkungan sekolah dan pendidikan karakter kurikulum akademik.

“Salah satu tujuan Penataran MPLS adalah meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat lingkungan sekolah yang berkarakter dan saling mengenal dan beradaptasi dengan yang ada dilingkungan sekolah,” ujarnya.

Selama kegiatan MPLS, para siswa baru diberikan materi pembacaan Ikrar Anti Kekerasan, wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif di SMA, pengembangan karakter, visi misi sekolah, pendidikan sadar hukum, kepramukaan yang dibacakan oleh seluruh siswa baru.

“Tidak hanya anti bullying, sekolah juga memberikan materi sekolah ramah anak, tata tertib sekolah dan peraturan akademik hingga kesadaran berlalu lintas. Yang dimana pematerinya dari Polres Karawang hingga Kejaksaan Karawang dan beberapa pemateri lainnya,” ujar Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan.

Dikatakan Agus, kegiatan MPLS ini sangat penting bagi peserta didik baru sebelum mengikuti KBM di sekolah. Terlebih siswa yang diterima merupakan peserta didik yang memang memiliki kemampuan untuk maju dan berprestasi.

“Harapan saya dengan pemberian materi tentang Generasi Sadar Hukum, anti narkoba, anti kekerasan dapat menumbuhkan kesadaran hukum bagi siswa siswi SMAN 5 Karawang dan melahirkan pemimpin di masa akan datang yg memiliki integritas, berkarakter yg baik dan memahami aturan yg berlaku di negara ini,” pungkasnya.(KB)