Beranda Regional Mudik Lebaran, 70 U-Turn Biang Kemacetan di Karawang Ditutup

Mudik Lebaran, 70 U-Turn Biang Kemacetan di Karawang Ditutup

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang melakukan serangkaian persiapan demi kelancaran pelaksanaan mudik di sepanjang jalur mudik di wilayah itu.

Upaya demi menciptakan kelancaran arus mudik Lebaran dilakukan menutup titik perlintasan sebanyak 70 titik dari 78 titik yang tersebar di jalur mudik.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Arman Sahti menuturkan, sampai saat ini jalur arteri dan nasional yang ada di wilayah kerjanya masih menjadi andalan sebagai jalur favorit saat musim mudik dan balik lebaran.

Mengantisipasi kemacetan pihaknya telah melakukan penutupan titik persimpangan yang akan menjadi masalah krusial menyumbang kemacetan

“Salah satu titik yang jadi pemicu terjadinya kemacetan, biasanya jalur putaran kendaraan (u-turn),” ujar Arman saat dihubungi, Selasa (05/06)

Putaran ini banyak terdapat di sejumlah jalur arteri mulai dari jalur Tanjungpura-Cikampek yang mengarah ke jalur Pantura.

Dia menjelaskan, hasil pemetaan jajarannya, sepanjang jalur tersebut ada sekitar 78 titik u-turn. Jika lokasi putaran kendaraan ini dibuka, dikhawatirkan malah jadi pemicu kemacetan

“Dari 78 titik u-turn yang ada, sebanyak 70 titik akan kami tutup. Sisanya, atau sekitar 8 titik akan kami buka. Penutupan ini, berlaku selama musim mudik dan balik lebaran,” jelasnya.

Arman menambahkan, penutupan u-turn ini akan mulai dilakukan pada H-7 lebaran atau bertepatan dengan digelarnya Operasi Ketupat Lodaya 2018. Warga sekitar diminta memperhatikan putaran mana saja yang dibuka supaya tidak terjebak kemacetan.

Adapun delapan putaran (U-turn) yang akan dibuka yakni putaran SPBU Kepuh, putaran Charles, putaran Masari, putaran Kanzen, putaran Depo Pertamina, putaran RM Nikki, putaran Cassandra, serta putaran Gamon.

“Seluruh putaran ini, berada di sepanjang Tanjungpura hingga Cikampek,” tutup Arman. (mdk/kb)