Beranda Regional Optimalkan PAD, Fraksi PDIP Sarankan Pemkab Karawang Lewat Program City dan Industri...

Optimalkan PAD, Fraksi PDIP Sarankan Pemkab Karawang Lewat Program City dan Industri Tour

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Fraksi PDI Perjuangan yang dibacakan langsung oleh Ketua Fraksi, Pipik Taufik Ismail, menyampaikan pandangan dan rekomendasi partainya untuk pembangunan Kabupaten Karawang ke depan dalam Rapat Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi dengan agenda Persetujuan dan Penetapan Raperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2020, Jumat (29/11) bertempat di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karawang.

 

Salah satu diantaranya adalah Konsep City Tour yang didalamnya mencangkup juga Industry Tour.

Menurut Pipik, Yang ditemui Tvberita.co.id usai Rapat Paripurna, Menjelaskan Pemerintah harus mampu menggali potensi wisata yang ada di Kabupaten Karawang, melalui program City Tour. Yang akan berdampak kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dimana tentu saja, konsep City Tour ini juga harus diimbangi dengan pembangunan infrastruktur yang merata mulai dari desa atau pelosok-pelosok sampai ke kota.

“Kita punya Monumen Proklamasi, kita punya laut, gunung, Masjid Alun-alun Syech Quro, candi jiwa dan lainnya, kita punya kearifan lokal kenapa tidak kita memperkenalkan wisata kita, dari mulai orang Karawang sendiri, jangan anak- anak sekolah kita sampai terus -terusan studi tour ke luar karawang,”Jelas Pipik memaparkan.

Menurut Pipik, dengan memperkenalkan wisata sejarah, budaya, dan alam yang ada di Kabupaten Karawang, serta jenis industri, selain menjadi ajang wisata juga sebagai ajang pembelajaran untuk generasi muda karawang dan Indonesia secara umum.

“Dan City Tour ini juga bisa digunakan sebagai ajang study tour dari luar wilayah karawang,” imbuhnya.

Selain itu, lebih lanjut dituturkan Pipik, Kabupaten Karawang juga punya banyak Kawasan Industri yang bisa dimanfaatkan juga potensi wisatanya melalui Tour Industry.

“Buat konsep agar anak-anak sekolah bisa mengambil manfaat pembelajaraan dari industri-industri yang ada di Kabupaten Karawang, Seperti perakitan mobil, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Dan hal ini tentunya saja, ditandaskannya, harus di imbangi dengan pembangunan infrastruktur terlebih dahulu, dari mulai pelosok-pelosok desa sampai ke kota. Semua harus merata.

Disinggung soal keberpihakan anggaran DPRD sendiri, mengingat Kabupaten Karawang kerap mengalami defisit dari tahun ke tahun, ia mengatakan, Fraksi PDIP akan terus berjuang mendorong terealisasinya program City Tour dan Industry Tour ini. Meski harus secara bertahap.

“Ya bertahaplah, artinya kami Fraksi PDIP memiliki konsep pemikiran seperti itu dan silahkan dipergunakan,” pungkansya. (nna/dhi)