Beranda Regional Pangdam III Siliwangi: Semua Berperan Menanggulangi Bencana

Pangdam III Siliwangi: Semua Berperan Menanggulangi Bencana

TV BERITA KARAWANG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk berperan dalam Penanggulangan bencana tsunami.
Pangdam III/Siliwangi juga menyampaikan, membantu tragedi bencana yang memakan banyak korban jiwa, tentunya merupakan panggilan dan peran bagi semua komponen masyarakat yang didasari oleh panggilan semangat membantu dan atas nama kemanusiaan.
 
“Bahwa semua stakeholder dan termasuk semua organisasi keagamaan, kepemudaan bergerak bersama-sama atas nama kemanusiaan, sehingga bersama-sama pula bekerja membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” imbuhnya.
 
Pangdam juga mengungkapkan pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan Prajurit Kodam III/Siliwangi yang tergabung dalam Satgas penanggulangan dan evakuasi bencana tsunami di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. 
 
“Aksi tanggap darurat yang dilakukan oleh Prajurit Kodam III/ Siliwangi sebagai bentuk panggilan tugas dan kepedulian atas nama kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita para korban bencana, dan berupaya untuk mengembalikan kondisi wilayah seperti semula,” ungkapnya, Senin (31/12). 
 
Ia menegaskan, Berdasarkan UU TNI No. 34 tahun 2004 tentang tugas TNI melaksanakan tugas dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di antaranya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. 
 
Lebih lanjut dipaparkannya, penanganan evakuasi bencana alam tsunami di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten bukan hanya tugas Pemerintah, TNI, Polri, BNPB, maupun Basarnas saja.
 
“Dalam hal ini tetapi juga tugas kita semua termasuk di dalamnya organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, dan tokoh-tokoh keagamaan serta seluruh komponen masyarakat lainnya,” pungkasnya. (nna/fzy)