Beranda Regional Panitia Cikampek Barat Buka Tahapan Pendaftaran Pilkades PAW

Panitia Cikampek Barat Buka Tahapan Pendaftaran Pilkades PAW

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- Pemilihan kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Cikampek Barat, Kecamatan Cikampek berjalan ke tahapan berikutnya, kali ini panitia 7 membuka tahapan pendaftaran untuk Bakal Calon (Bacalon) Kepala Desa periode 2019-2021.

“Kami panitia penyelenggara pemilihan Kepala Desa PAW Cikampek Barat hari ini membuka pendaftaran bagi siapa saja laki-laki maupun perempuan untuk mendaftarkan sebagai kandidat Bacalon Kades dengan catatan persyaratan sesuai aturan yang ada, pendaftaran Bacalon Kades tersebut terhitung mulai Tanggal 29 Oktober–02 November 2018,” demikan dikatakan Ketua Panitia penyelenggara pemilihan Edi Jumala, Senin (29/10).

Selanjutnya kata Edi, apabila dalam kurun waktu yang telah ditentukan sampai batas akhir pendaftaran hanya ada satu orang yang mendaftar, maka pihak panitia akan memperpanjang 4 hari kedepan, sesuai aturan yang ada bahwa Pilkades ini tidak boleh satu orang kandidat saja, namun minimal harus ada dua orang kandidat Bacalon Kades yang mendaftar,” ujarnya. 

“Untuk terlaksananya Pilkades PAW ini calon Kades minimal yang mendaftar ada 2 orang kandidat, terlepas laki-laki maupun perempuan yang mendaftar, menurutnya sesuai aturan yang ada Pilkades ini tidak bisa digelar kalau kandidatnya hanya satu orang namun minimal dua orang kandidat,” terang Edi.

Sementara itu lanjut Edi Jumala bahwa, tidak semua warga Desa Cikampek Barat bisa ikut menyalurkan hak pilihnya, namun teknisnya adalah ditiap masing-masing Rukun Tetangga (RT) diadakan musyawarah untuk menjaring tiga orang perwakilan menjadi peserta hak pilih terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh perempuan yang telah disepakati dalam musyawarah tersebut. 

“Tiga orang peserta hak pilih yang telah disepakti dari hasil musyawarah dari tiap-tiap RT yang akan menjadi peserta
untuk menyalurkan hak pilihnya di Pilkades ini, yakni meliputi tokoh Agama, tokoh Pemuda dan tokoh perempuan yang nantinya akan ditetapkan oleh Kades PJ, peserta hak pilih yang telah ditetapkan diwajibkan hadir pada waktunya pada Tanggal 22 Nopember 2018 di acara Pilkades ini di gelar,” tegas Edi.

 Edi menambahkan bahwa total kesuluruhan hak pilih adalah 366 peserta meliputi 81 RT dan 18 RW ditambah perwakilan dari perangkat Desa, LPM dan Linmas,ia beserta panitia lainnya akan terus bekerja secara maksimal ke tahapan selanjutnya dan ia pun berharap Pilkades PAW ini berjalan lancar, aman dan damai sesuai harapan kita semua, hari ini baru satu orang kandidat yang mendaftar Balon Kades PAW,” imbuhnya.

Ia mengatakan sambung Edi, dirinya serta panitia lainnya akan terus bekerja secara marathon ketahapan selanjutnya.”Semua peserta hak pilih yang telah ditetapkan agar bisa menyalurkan hak pilihnya, jangan sampai golput, tiga orang perwakilan yang telah di

tunjuk sangat menentukan untuk melahirkan sosok pemimpin yang baru di cikampek barat ini masa periode 2019-2021,” ucap Edi singkat.(cr1/ris)(KB)