Beranda Regional Panwascam Jatisari Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Panwascam Jatisari Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Jatisari gelar Posialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Kamis(18/10)di wilayah Desa Jatiragas Kecamatan Jatisari.

Keterlibatan rakyat dalam pengawasan Pemilu 2019 baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilu Presiden perlu ditingkatkan. Supaya proses pemilu yang digelar lima tahub sekali berjalan secara demokratis tanpa ada kecurangan.

Menurut Ketua Panwascam Jatisari, Encu Supriatna, pengawasan Pemilu 2019 perlu keterlibatan rakyat dalam pengawasannya. Sehingga pelaksanaan pemilu yang akan digelar serentak 2019 berjalan sesuai aturan.

“Keterlibatan rakyat dalam pengawasan pemilu sangat dibutuhkan. Agar pemilu berjalan secara demokratis tanpa kecurangan yang berakibat pada pelanggaran pemilu,”paparnya, Kamis(18/10).

Dikatakan Encu Supriatna para pengawas desa dan tingkat TPS pun harus menjalankan tugas sesuai aturan. Tidak perlu takut manakala terjadi pelanggaran perlu ditindak.

“Para pengawas harus tegas jika menemukan pelanggaran pemilu 2019,” tandasnya.

Apalagi Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 sambung Encu. Sudah jelas mengatur tentang pemilu. Para peserta pemilu tidak boleh menggunakan fasilitas pemerintahan, tempat pendidikan dan tempat ibadah dijadikan tempat berkampanye.

“Disinilah perlu sosialisasi pengawasan terhadap pemilu 2019. Jangan sampai teejadi pelanggaran pada saat kampanye nanti,”katanya

Ia juga menegaskan terkait gerakan money politik pun perlu diawasi dengan ketat. Apabila ada pembagian uang politik kepada masyarakat untuk mempengaruhi pemilih perlu ditindak secara tegas.

“Pendidikan politik harus diberikan dengan baik kepada masyarakat. Jangan mempengaruhi rakyat dengan cara yang kurang baik. Apalagi dengan cara membeli suara pada saatnya nanti,”tegasnya

Selain itu, para pengawas pemilu agar berperan aktif juga untuk mengingatkan masyarakat. Apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak di pemilu 2019.

” Para pengawas pemilu juga harus mengecek, apakah sudah terdaftar atau tidak menjadi pemilih,”ucapnya(cr1/ris)