Beranda Headline Pasar Rawasari Disiapkan Jadi Sentra UMKM Karawang

Pasar Rawasari Disiapkan Jadi Sentra UMKM Karawang

Pasar rawasari sentra umkm
Kepala Dinkop dan UKM Karawang, Rochman.

KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang tengah menyiapkan Pasar Rawasari menjadi sentra usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) Karawang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Karawang, Rochman menuturkan, lokasi Pasar Rawasari yang terletak di Jl. Arif Rahman Hakim, Kecamatan Karawang Barat dinilai strategis sebagai trademark UMKM Karawang.

“Di Pasar Rawasari terdapat 40-an kios yang terbagi di depan dan di belakang. Posisinya juga di pusat keramaian berdekatan dengan stasiun kereta. Jadi masyarakat yang akan bepergian jauh pun bisa membawa perbekalan dari sentra UMKM ini,” ulas Rochman, Kamis (12/1/2023).

Baca juga: Kemenag Purwakarta Targetkan 500 Pelaku UMKM Miliki Sertifikat Halal

Di Pasar Rawasari, nantinya akan disediakan beragam jenis produk UMKM, baik makanan basah maupun kering. Spot area akan dibuat lebih menarik sebagai wahana kuliner masyarakat.

“Hanya tinggal penataannya paling pengecetan, karena memang sudah lama kosong, bangunan agak kusam,” katanya.

Ia menargetkan, sentra UMKM di Pasar Rawasari bisa didirikan 2 atau 3 bulan ke depan dengan memaksimalkan anggaran dari CSR (corporate social responsibility).

“Mudah-mudahan Februari-Maret udah berjalan, karena itu kan perlu anggaran untuk perbaikan. Perbaikannya kita udah koordinasi dengan Bappeda itu bisa lewat CSR,” paparnya.

Baca juga: Komisi I DPRD Karawang Sebut Perpanjangan Masa Jabatan Tak Berlaku Bagi Kades yang Menjabat

Bagi masyarakat yang berminat berjualan di Pasar Rawasari, kata dia, akan disiapkan teknis pendaftarannya oleh Dinkop UMKM Karawang.

“Nanti tinggal daftar ke Dinkop, akan kita atur teknisnya, kalau emang sudah bagus terutama packaging-nya bagus kita prioritaskan,” ucap Rohman.

Dirinya berharap, beridirinya sentra UMKM di Pasar Rawasari dapat merangsang jiwa kewirausahaan masyarakat.

“Kita harapkan antusiasme masyarakat bagus. Biar masyarakat muncul kewirausahaannya di msyarakat, tentunya kan bagi masyarakat yang punya kemampuan wirausaha bisa tersalurkan,” tutupnya. (*)