Beranda Regional PC IAI Karawang, ISMAFARSI Priangan Tanggap Bencana, BEM serta BLM Fakultas Farmasi...

PC IAI Karawang, ISMAFARSI Priangan Tanggap Bencana, BEM serta BLM Fakultas Farmasi UBP Karawang Peduli Banjir Karawang

Hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari menyebabkan banjir yang cukup parah dibeberapa kecamatan yang ada di Karawang.. Tercatat ada belasan kecamatan yang terkena banjir dan puluhan ribu warga yang menjadi korbannya. Warga yang terjebak banjir selama berhari-hari pasti memiliki masalah kesehatan karena tempat tinggal mereka yang terendam banjir sudah pasti tercemar penyakit dan bakteri.

Berdasarkan hasil assessment yang telah dilakukan, PC IAI Karawang, ISMAFARSI Priangan Tanggap Bencana, BEM serta BLM Fakultas Farmasi UBP Karawang menyalurkan bantuannya kepada para korban banjir yang ada di Karawang khususnya kepada daerah yang terisolir yaitu Desa Mekarmulya kecamatan Teluk Jambe Barat dan Dusun Telukbuyung Kecamatan Pakisjaya berupa bantuan pelayanan kesehatan dan pemberian obat-obatan yang dibutuhkan oleh para korban secara “door to door” ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir didaerah tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (14/2/2)

“Kalau banjir datang memang semua penyakit pada datang” ujar salah satu warga yang menjadi salah satu korban banjir di desa Mekarmulya, Teluk Jambe Barat.

Meskipun di dusun tersebut banjir sudah surut warga banyak mengeluhkan beberapa penyakit pasca banjir seperti gatal, batuk dan demam. Yang menjadi kekhawatiran para korban banjir adalah minimnya bantuan berupa obat-obatan dan pelayanan kesehatan yang datang.

“Bantuan sembako sama nasi mah banyak, kalau pengobatan mah belum ada. Mangkanya saya sangat berterimakasih dan mendukung sekali adanya bantuan seperti ini”  ujar pak wakil Tenjo Jaya, Pakisjaya.

Kegiatan bakti sosial ini berjalan dengan lancar meskipun di pagi hari Karawang kembali diguyur hujan tetapi tidak menghentikan semangat para apoteker dan mahasiswa yang hadir untuk turun langsung membantu masyarakat dan kegiatan ini disambut dengan baik oleh warga sekitar.

Bukan hanya dalam bentuk pelayanan kesehatan dan pemberian obat-obatan, bantuan yang didistrubusikan juga ada berupa sambako dan perlengkapan bayi seperti pampers yang di distribusikan langsung ke kantor desa Telukbuyung, Pakisjaya.

“Kegiatan ini diselenggarakan karena memang sudah menjadi tugas kami sebagai apoteker dan mahasiswa yaitu mengabdi kepada masyarakat, selain itu semoga kegiatan ini juga membuat kita lebih bersyukur lagi. Saya sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini” jelas Nia Yuniarsih selaku Ketua PC IAI Karawang. (sha)