Beranda Regional Peduli Daerah Terpencil, FKP Karawang Gelar Bakti Sosial

Peduli Daerah Terpencil, FKP Karawang Gelar Bakti Sosial

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Ketika sebagian besar PNS menggunakan tambahan penghasilannya untuk membeli rumah, mobil dan barang mewah lainnya.

Forum Komunikasi Puskesmas (FKP) Karawang, memanfaatkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Desa Hutan di Dusun Kalihurip, Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Minggu (28/1)

“Kegiatan bakti sosial ini mungkin yang pertama dilakukan oleh PNS Karawang yang secara bersama-sama menyisihkan uang TPP untuk kegiatan sosial. Sebab biasanya uang dari TPP itu digunakan untuk mengkredit atau membeli barang mewah,” ujar Ketua FKP, Nana Padiana.

Menurut Nana, kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud terimakasih kepada Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dari seluruh fungsional puskesmas karena telah menerima TPP.

“Kami tidak akan melupakan ini, sebab TPP sempat dihilangkan karena salah persepsi,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan sengaja digelar untuk masyarakat desa hutan. Sebab masih kurang tersentuk oleh bantuan dari yang lain meskipun lokasinya dekat dengan kawasan industri.

“Dalam baksos ini kami menggelar renovasi mesjid, bazar sembako dengan nilai 50 ribu yang dijual Rp 5000 yang hasilnya disumbangkan untuk peralatan mesjid,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga memberikan pengobatan gratis dan sunatan massal gratis bagi masyarakat desa hutan.“Dengan adanya TPP yang diberikan oleh Pemkab Karawang, kami dari fungsional puskesmas akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang digelar oleh FKP. Sebab ini merupakan kegiatan yang dibiayai oleh TPP yang pertama di Karawang. padahal TPP yang diberikan kepada PNS cukup tinggi, sekelas kepala dinas itu bisa mencpai Rp 30 juta perbulan.

“Tapi baru kali ini TPP digunakan untuk kegiatan masyarakat dan ini yang saya harapkan dari PNS ketika mendapat penghasilan tambahan,” katanya.

Menurutnya, jika semua PNS seperti FKP, maka pembangunan di Karawang bisa lebih cepat. Meskipun tidak setiap bulan tapi jika seluruh PNS bergerak bersama untuk memberikan bantuan kepada masyarakat maka setiap bulannya akan ada kegiatan bakti sosial dari ribuan PNS yang ada di Karawang.

“Saya berharap kegiatan baksos FKP ini bisa dilakukan setiap tahunnya,” pungkasnya.(KB)