Beranda Regional Pemda Karawang Gelar Vaksinasi Keluarga Sampai Akhir Tahun

Pemda Karawang Gelar Vaksinasi Keluarga Sampai Akhir Tahun

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang kembali menggelar vaksinasi keluarga yang dimulai pada hari selasa tanggal 31 Agustus 2021 hingga akhir tahun 2021.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, Sopiah, Pelaksanaan vaksinasi keluarga oleh praktek bidan mandiri (PMB) di sambut positif masyarakat. Sesuai arahan Bupati perihal pelaksanaan vaksin keluarga melalui PMB.

“Pelaksanaan vaksin keluarga melalui PMB dimulai hari selasa, 31 agustus 2021 serempak di 30 kecamatan oleh 231 PMB selama 5 hari tiap minggu sampai dengan akhir desember 2021” imbuhnya.

Lebih lanjut diri nya menjelaskan program vaksinasi keluarga diperuntukkan bagi anggota keluarga berusia di atas 12 tahun, dilaksanakan oleh Praktek Mandiri Bidan (PMB) dan seluruh Puskesmas Kabupaten Karawang.

Meski begitu target sasaran pada setiap kecamatan disesuaikan dengan jumlah penduduk yang belum di vaksin.

“Titik lokasi pelaksanaan vaksin agar ditentukan secara bersama. (tidak harus di klinik atau tempat PMB). Target sasaran tiap PMB tetap 100 orang perhari atau 500 orang pada setiap minggu nya kecuali ketersediaan vaksin terbatas” ujarnya.

Selain itu, sopiah mengatakan harus adanya pemerataan penempatan PMB berdasarkan jumlah sasaran atau target. Minimalnya, pada setiap Kecamatan 5 PMB.

“Seharusnya PMB tidak berdasarkan domisili, contohnya Kecamatan Tirta Mulya ada 2 PMB maka harus di tambah oleh PMB kecamatan terdekat yg memiliki PMB cukup banyak” jelasnya.

Sedangkan untuk pelaporan harian, dikatakan Sopiah, harus di himpun oleh Kabag Tata Pemerintahan pada setiap kecamatan untuk di laporkan kepada Bupati.

“Setiap kecamatan membentuk tim yang di pimpin oleh Camat dan kegiatan akam di monitoring oleh LO masing-masing dan laporan harian harus di sampaikan ke bupati setiap harinya” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Advokasi, Imam Bahanan, adapun vaksin yang diberikan jenis Sinovac dengan kuota 100.000 dosis bagi keluarga. (ddi)

Artikel sebelumnyaBEM FE Unsika Gelar LKMMTD Virtual
Artikel selanjutnyaKeberadaan Radio Pro 93,1 FM di Purwakarta Tak Dilirik OPD