Beranda Regional Pemkab dan Kapolres Purwakarta Gelar Sidak di Pasar

Pemkab dan Kapolres Purwakarta Gelar Sidak di Pasar

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2018, harga sembilan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Purwakarta terpantau hingga hari ini dalam keadaan normal.

Hal ini diketahui, setelah Tim gabungan Satgas Pangan Purwakarta dan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskop,UKM & Perdagin) Purwakarta saat melakukan sidak harga sembako ke pasar tradisional di Purwakarta yang dipimpin langsung oleh Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani, Rabu (13/12).

“Kita sudah mendengarkan langsung dari para pedagang, memang ada beberapa barang atau kebutuhan pokok yang naik tapi masih dalam batas normal,”jelas Kapolres Purwakarta Dedy Tabrani.

Dedy menuturkan, sidak yang dilakukan tersebut untuk memantau langsung ada tidaknya kenaikan harga dan jumlah pasokan sembako, dengan tujuan meminimalisir adanya perbuatan oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk mendapatkan keuntungan tetapi masyarakat yang menjadi korban.

“Ini salah satu langkah untuk mencegah terjadinya penimbunan sembako yang berdampak terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok. Kita ingin perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 di Purwakarta tetap dengan suasana yang nyaman, pedagang senang kebutuhan pokok masyarakat pun tetap terpenuhi,” tuturnya.

“Kita bersama Tim akan terus memantau kebutuhan pokok ini, bukan hanya harganya saja tetapi juga pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat, kami juga meminta peran serta masyarakat untuk terus memantau sembako jelang Natal dan Tahun Baru nanti, bila ada yang mencurigakan, terlebih bila diketahui adanya upaya penumpukan sembako diwilayah hukum Purwakarta yang mungkin saja terjadi, maka segera laporkan kepada kami, dan kami akan merespon dengan cepat, karena ini jelas merugikan masyarakat,”pungkasnya.

Aji (35), salah seorang pedagang telur saat di sapa Kapolres menjelaskan, harga telur menjelang Natal mengalami kenaikan hingga Rp 5 ribu per kilogram.
“Sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kilogram Pak, tapi sekarang naik jadi Rp 25 ribu per kilogram,” kata Aji.

Seusai mengecek harga telur, tim gabungan kemudian mengecek harga beras. Berdasarkan informasi yang di himpun dari pedagang, harga beras juga mengalami kenaikan Rp 1000 sesuai jenis berasnya.

“Kenaikannya sekitar Rp 1000 per item jenis beras, tapi itu masih normal dan masih dibawah harga eceran tertinggi,” kata Tuti, pedagang beras Pasar Leuwi Panjang.(trg/ris)