Beranda Regional Pemprov Jabar Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Pemprov Jabar Wujudkan Sekolah Ramah Anak

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Dalam mensukseskan program Pemerintah Jawa Barat, istri Gubernur Jawa Barat Netty Heryawan mengungkapkan, sekolah ramah anak dapat diwujudkan dengan melakukan tiga hal; yakni menerima kehadiran dengan baik, membangun komunikasi yang hangat, serta menyelesaikan masalah siswa secara tuntas.

 

Hal tersebut diungkapkan Netty Heryawan saat mengunjungi SMA Negeri 1 Kota Bekasi, di Jl. Agus Salim, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

“Penerimaan yang baik dari guru akan membuat siswa merasa nyaman, sehingga mereka senang dan bersemangat menjalani kegiatan di sekolah. Maka dari itu, saya mengajak kepala sekolah dan para guru SMAN 1 Kota Bekasi ini untuk tetap ramah dan selalu ajak komunikasi para siswanya,” kata Netty Heryawan.

Menurutnya, ini penting bagi perkembangan siswa, minimal tanya kabar siswa, ungkit hal-hal yang disukainya. Sambutlah mereka sebagaimana menyambut anak-anak kandung sendiri.

“Dalam hal ini, saya meminta para guru membangun komunikasi yang hangat pada para muridnya. Gunakanlah gaya komunikasi antara orangtua dan anak, bukan seperti atasan dan bawahan,” lanjutnya.

Selain itu guru juga harus bisa menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan.

“Nah, ibu dan bapak guru, ini yang diinginkan siswa. Nanti boleh tanya sama guru yang bersangkutan, gimana tips mengajar yang asyik, biar siswa jadi suka semua pelajaran,” kata Netty.

Yang tak kalah penting, kata Netty, yakni penanganan masalah yang dihadapi siswa. Menurut dia, baik siswa maupun guru harus paham bagaimana dan ke mana mereka harus melapor jika terjadi sesuatu yang tidak mampu ditangani oleh pihak konseling.

“Jangan sampai ada penghapus papan tulis melayang di kelas, jangan sampai terjadi seperti di provinsi lain di mana seorang siswa tega menghabisi gurunya sendiri,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Bekasi, Mawar menyambut baik program Pemerintah Jawa Barat terkait sekolah ramah anak.

Sekolahnya sudah berkomitmen untuk menjadi sekolah ramah anak sejak 2016. Lalu pada awal 2017 hingga tahun 2018 ini.

“Sebagai tuan rumah, saya sangat mengapresiasi program sekolah ramah anak ini. Sebagaimana diketahui, SMAN 1 Kota Bekasi, antara para guru dan murid ini sudah seperti keluarga dan tercipta kehangatan,” kata Mawar. (KB)