Beranda Regional Pendaftar Komcad di Karawang; Ada ASN, Buruh, dan Mahasiswa 

Pendaftar Komcad di Karawang; Ada ASN, Buruh, dan Mahasiswa 

Dari mulai ASN, buruh, dan mahasiswa menjadi pendaftar Komponen Cadangan (Komcad) di Kodim 0604 Karawang. Terhitung, hari ini ada 85 orang, dan 13 orang tidak lolos verifikasi.

Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo mengatakan, sejak kemarin hingga hari ini terakhir pendaftaran Komcad, terhitung ada 85 orang yang mendaftarkan dirinya untuk menjadi Komcad, dan 13 tidak lolos verifikasi.

“Jadi total sejak kemarin, sementara ada 80 orang, dan 13 tidak lolos verifikasi awal, hari ini ditutupnya sampai pukul 24.00,” kata Medi saat diwawancarai di Markas Kodim 0604 Karawang, Senin (31/5/2021).

Lanjutnya, para pendaftar Komcad yang terdata, terdiri dari ASN, buruh, mahasiswa, dan masyarakat biasa.

“Pendaftar itu ada dari ASN, buruh, mahasiswa, dan masyarakat biasa, mereka begitu antusias untuk mendaftar jadi Komcad,” ungkapnya.

Tambahnya, dari pusat, jadwal pendaftaran dilakukan secara online maupun fisik dan dibuka sejak tanggal 17 – 31 Mei 2021 di jajaran Kodim dan Korem Kodam III/Siliwangi.

Sementara itu, untuk kuota yang disediakan, diatur oleh pusat.

“Untuk kuotanya, tidak ditentukan oleh Kodim, jadi untuk di kodim, seleksi nya pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan, awal tinggi badan, dan berat badan, dan memeriksa dokumen, untuk selanjutnya nanti diperiksa lagi di Korem, dan terakhir di Kodam,” terangnya.

Selanjutnya, tujuan pembentukan Komcad, guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

“Sesuai dengan UUD 1945 pasal 30 di mana seluruh Warga Negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” katanya.

Lanjutnya kembali, Komcad adalah wujud dari program Kementrian Pertahanan RI, dimana nanti setelah di seleksi akan mengikuti pendidikan dasar kemiliteran selama 3 bulan.

“Jadi nanti, garis komandonya ada di Kodim, tentunya, Komcad ini sudah dididik dasar kemiliteran, dan berharap banyak putra dari Karawang yang bisa lolos seleksi Komcad tahun 2021 ini,” tandasnya.

Artikel sebelumnyaSIM C tak Lagi Satu Jenis, Dibagi Tiga Berdasarkan Cc
Artikel selanjutnyaPemkot Bekasi Dirikan Posko Pemeriksaan Rapid Antigen dari 16 – 22 Mei