Beranda Regional Pengadaan Ambulans Desa Dukung Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pengadaan Ambulans Desa Dukung Pelayanan Kesehatan Masyarakat

RENGASDENGKLOK, TVBERITA.CO.ID- Demi mewujudkan harapan masyarakat, Pemerintahan Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok, memanfaatkan Dana Desa (DD) tahap 3 tahun 2018 untuk pengadaan mobil ambulans.

Keberadaan kendaraan tersebut diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan prima bagi warga yang membutuhkan. Dikatakan Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim, memang prioritas dana desa tahap 3 tahun 2018 diperuntukan untuk membeli satu unit kendaraan ambulans sebagai sarana pendukung pada bidang kegiatan pelayanan kesehatan maupun kegiatan sosial desa.

Adanya ambulans tersebut menurutnya dapat mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sebab memiliki fasilitas lebih memadai dari pada mobil milik pribadi. “Seluruh masyarakat Desa Rengasdengklok Selatan bisa menggunakan ambulans ini jika membutuhkan.

Karena memang ambulans ini kami adakan agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan ambulans,” ungkap Darim, sesaat setelah acara serah terima ambulans, Minggu (25/11). Darim mengungkapkan mobil ambulance tersebut memiliki ruang khusus bagi si sakit yang dilengkapi perawatan medis seperti infus, tabung oksigen dan lain – lain layaknya kendaraan ambulance yang dimiliki Rumah Sakit.

Dengan tersedianya mobil ambulans tersebut, pihaknya berharap pelayanan kesehatan masyarakat bisa meningkat, dan mempermudah warga untuk mendapat pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

“Dengan adanya ambulans ini, warga akan lebih terjamin untuk cepat mendapat pelayanan medis, karena selama ini kita hanya mengandalkan ambulans dari Puskesmas. Sehingga terkadang jika warga membutuhkan ambulans tersebut digunakan warga dari desa lain,” imbuhnya.

Untuk sektor kesehatan masyarakat, selain pengadaan mobil ambulans, pihaknya juga merealisasikan Dana Desa tersebut dengan memberikan insentif kepada lebih dari 80 orang kader Posyandu yang ada di Desa Rengasdengklok Selatan.

Ditambahkannya, selain bidang kesehatan, pihaknya juga tetap merealisasikan Dana Desa tersebut kepada sektor lainnya. Untuk sektor pendidikan pihaknya telah memberikan bantuan pembangunan i unit MCK di salah satu PAUD di desanya.

Selain itu, dirinya juga memberikan bantuan pengadaan mebelair untuk PAUD lainnya yang tercatat. Sementara untuk infrastruktur, pihaknya juga mengalokasikan DD tersebut untuk pembangunan Jalan setapak dan jalan lingkungan di Dusun Bojongtugu1, Bojongkarya2, Bojongkarya1, Rengasjaya1 dan 2.

“Selain sektor-sektor tadi, untuk peningkatan ekonomi masyarakat, kami juga mengalokasikan DD untuk penambahan modal penyertaan BumDes untuk pengembangan ekonomi produktif. Sementara tahun 2019 kita akan fokuskan untuk membangun gedung serbaguna dibelakang desa dan infrastruktur lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekcam Rengasdengklok, Sri Rejeki, mengatakan sejauh ini dirinya mengapresiasi kinerja dari pemerintahan desa Rengasdengklok Selatan. Dia mengatakan mobil ambulans bisa saja dibiayai dari Dana Desa, asalkan sesuai dengan RPJMdes.

 “Diharapkan dengan mobil tersebut pemerintah desa memanfaatkan ambulans itu dengan baik. Rawat aset itu dengan baik dan juga jangan lupa untuk terus diperhatikan,” ujar Sri Rejeki, Minggu (25/11). Sri Rejeki juga meminta, pada semua kepala desa agar bisa mempergunakan dana desa dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sehingga tak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. “Jangan lupa setiap penggunaan dana desa harus dipertanggungjawabkan. Saya berharap tak ada kades ataupun perangkat desa yang nantinya bermasalah,” pungkasnya.(yay/ris)