Beranda Purwakarta Penyertaan Modal Ratusan Juta, Pengelolaan Bumdes Sukajadi Purwakarta Diduga Asal Jadi

Penyertaan Modal Ratusan Juta, Pengelolaan Bumdes Sukajadi Purwakarta Diduga Asal Jadi

Bumdes sukajadi purwakarta
Bumdes milik Desa Sukajadi, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA – Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sukajadi, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta diduga asal jadi. Pasalnya, usaha yang terdiri dari isi ulang air, sembako dan pom mini tersebut terindikasi merugi.

Hal ini diperparah dengan anggaran penyertaan modal hingga mencapai ratusan juta rupiah belum bisa dipertanggung jawabkan laba dari penyertaan modal.

“Bumdes sejak tahun 2018, awalnya usaha gabah Rp 50 Juta dari Kemendes dan Rp 50 Juta untuk pom mini dari Dana Desa,” jelas Sekretaris Desa Sukajadi, Pipit Fitria pada Senin (16/5/2023).

Baca juga: Diskannak Purwakarta Akan Bagikan Hewan Ternak

Ia merinci, tahun 2019 ada anggaran dari Dana Desa yang diperuntukkan untuk bangunan usaha Bumdes dan TPT sebesar Rp 149 Juta.

“Kemudian anggaran dari Provinsi sebesar Rp 100 Juta digunakan untuk membeli mesin air isi ulang Rp 30 Juta dan selebihnya sembako,” ungkapnya.

Namun yang disesalkannya, hingga saat ini Bumdes hanya melaporkan hasil usaha tahun 2018-2019 saja sebesar Rp 7 Juta saja setelah digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: WOM Finance Purwakarta Maknai Idul Fitri dengan Bahagiakan Ribuan Santri Ponpes

“Bahkan tahun 2021 ada penyertaan modal sebesar Rp 7,5 Juta, namun kami belum menerima laporan digunakan untuk apa,” sesal Pipit.

Sementara Dirut Bumdes Sukajadi Ahmad Ruhyani belum bisa diminta keterangannya.

Di sisi lain, Kepala Desa Sukajadi Edeng Suhanda saat ditemui irit bicara. “Sudah keterangan dari Sekdes saja,” ucapnya singkat. (*)