Beranda Regional Pepeling Pertanyakan Mitigasi Banjir 4 Desa di Karawang

Pepeling Pertanyakan Mitigasi Banjir 4 Desa di Karawang

45

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Penggiat lingkungan Pemuda Pelestari Lingkungan (Pepeling) menanyakan solusi nyata mitigasi bencana banjir di Empat Desa di Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang.

Menurut Ketua Pepeling Ajay Wijaya jika empat desa di Kecamatan Telukjambe Barat itu merupakan daerah rawan banjir sampai sekarang, sejak banjir pertama kali pada Tahun 2007.

“Empat desa ini diantaranya adalah Desa Karangligar, Mekarmulya,Parungsari dan Sukamakmur,” kata Ajay kepada wartawan, Kamis (10/1).

Ajay mengatakan pada tahun 2017, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan penelitian bersama tim ITB. Dari hasil penelitian itu disimpulkan adanya penurunan tanah di wilayah tersebut sedalam 25 sentimeter setiap tahunnya.

“Akan tetapi kami menyayangkan, penyebab penurunan ini tidak diungkapkan oleh pemerintah,” katanya.

Akibatnya, empat desa ini akan selalu berhadapan dengan banjir ketika musim penghujan ketika sungai Cibeet meluap. Selama ini Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, jelas Ajay, hanya memberikan janji-janji palsu untuk penanganan banjir di Telukjambe Barat.

Ajay mengungkapan seperti Tahun 2011, ketika itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang berkunjung menjanjikan akan membangunkan sebuah bendungan, namun hal itu tidak pernah terealisasi.

“Janji juga diberikan pemerintah daerah, kabarnya akan membangunkan turap. Tetapi selama bertahun-tahun tidak pernah ada realisasinya,” katanya.(kb)

Komentar Facebook