Beranda Regional Peringati Hari AIDS Sedunia, AHF dan Resik Siapkan Tim Medis

Peringati Hari AIDS Sedunia, AHF dan Resik Siapkan Tim Medis

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- AHF (AIDS Healthcare Foundation) Indonesia dan yayasan Resik bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan KPA Kabupaten Purwakarta akan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari AIDS Sedunia yang akan dilaksanakan Sabtu (2/12) mendatang di Kabupaten Purwakarta akan diisi dengan berbagai kegiatan.

 

Dalam peringatan HAS ini sendiri diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya jalan sehat dan berbagai kegiatan seni lainnya dan yang lebih penting pemeriksaan Tes HIV dengan menyediakan sekitar 50 tenaga medis untuk melayani masyarakat yang akan memeriksakan dirinya dalam kegiatan tersebut.

“Tahun ini kita peringati di Kabupaten Purwakarta, dengan melibatkan juga AHF, Yayasan Resik Purwakarta, KPA Purwakarta, Dinas Kesehatan dan Mitra AHF lainnya dari luar Kabupaten Purwakarta, dan ODHA,” jelas Hasan Direktur Program Yayasan Resik Purwakarta dihadapan media, Kamis (30/11).

“Dalam kegiatan HAS ini kita akan melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari jalan santai dengan Bupati Kabupaten Purwakarta Dedi Mulyadi, dan kegiatan kesenian khas Jawa Barat, pembacaan puisi dan pada malam harinya puncak kegiatan akan dilaksanakan di Taman Sri Baduga Purwakarta yang juga kita laksanakan dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, sekaligus melihat pertunjukan air mancur,” ujarnya.

“Selain itu juga ada pemeriksaan Tes HIV yang akan melibatkan sekitar 50 team medis dan semua gratis, bahkan bagi siapa saja masyarakat yang memeriksakan dirinya pada saat kegiatan tersebut akan kita berikan souvenir, dan diakhir acara nantinya aka nada pengundian hadiah,” paparnya.

“Dari seluruh rangkaian acara tersebut yang lebih penting adalah pemeriksaan Tes HIV, hal ini sangat penting sebagai salah satu deteksi dini, sehingga kita bisa langsung melakukan pemeriksaan bahkan pengobatan selama belum menjadi kondisi yang lebih parah,” ujarnya.

“Tidak perlu khawatir, seluruh data masyarakat yang memeriksakan diri dan positif HIV akan dirahasiakan dan tidak ada orang lain yang tahu, periksakan segera karena kondisi peningkatan HIV AIDS (ODHA) di Kabupaten Purwakarta cukup mengkhawatirkan, jadi diperlukan kesadaran dari masyarakat untuk melakukan Tes HIV,” pungkasnya.(trg/ris)