Beranda Karawang Intip Keseruan Malam Bina Iman dan Taqwa di SMKN 1 Karawang

Intip Keseruan Malam Bina Iman dan Taqwa di SMKN 1 Karawang

Salah satu kegiatan di Mabit SMKN 1 Karawang.

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Dalam rangka pembentukan mental dan karakter Siswa, Rohis Al-Ikhlas SMKN 1 Karawang menggelar Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) yang dilaksanakan di sekolah selama dua hari berturut-turut, Sabtu-Minggu (30 November -1 Desember) kemarin dengan tema “Revitalisasi dan Sinkronisasi Nilai-nilai Pelajar Aswaja dalam Perspektif Pelajar”.

Acara yang digelar se-Jawa Barat ini nampak semarak dan dihadiri oleh ratusan peserta dan puluhan sekolah yang berasal dari seluruh SMA dan SMK, dari dalam maupun luar Karawang.

Pembina Rohis SMKN 1 Karawang, Muhammad Nuryanto, S.Pd.I menuturkan, acara Mabit ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa yang peduli dan siap bersaing menghadapi tantangan Zaman.

“Mengutip ungkapan Syaidina Ali karomallahu Wajhah. Kun Ibna Zamanika (Jadikan Generasi Pada Zaman mu). Kunci kaderisasi adalah bagaimana kita memahami perubahan zaman yang terus berubah dan serba maju, tapi tidak meninggalkan Esensi diri yang mana ialah keimanan dan ketaqwaan sebagai modal kesuksesan siswa,” papar Nur.

Lebih lanjut, menurutnya, Mabit merupakan program unggulan di SMKN 1 Karawang, karena banyak hal-hal positif untuk dijadikan bekal bagi para peserta. “Selain itu, kegiatan Mabit ini juga merupakan kegiatan ekstrakurikuler agenda tahunan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Karawang, Drs. Agus Rukmawan, S.I.P., M.M. mengatakan, kegiatan (Mabit) tersebut perlu untuk mencegah dan membentengi siswa dari berbagai kenakalan remaja.

“Acara ini juga menjadi dasar pendidikan penguatan karakter (PPK) bagi para siswa, karena selain pembelajaran di dalam kelas, wadah ekskul rohis ini bisa menjadi salah satu platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama, dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia,” terangnya.

Apalagi, sambung Agus, kegiatan mabit ini mempunyai banyak hal penting untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai kemandirian, gotong royong dan kebersamaan bagi para peserta.

“Menggali bakat maupun kemampuan siswa, bisa dengan berbagai cara dan strategi. Salah satunya adalah lewat kegiatan Mabit tersebut,” ungkap Agus.

Adapun kegiatan SMKN 1 Karawang ini diawali dengan shalat maghrib berjama’ah, lalu tawasulan, yasinan dan shalat isya berjama’ah. Dilanjut Membaca Berjanji (Sejarah Rasulullah), makan, lalu acara inti (Materi Mabit Keislaman dan Kebangsaan), diteruskan dengan bedah film Sang Kyai (Perjuangan Kyai Terhadap Keislaman dan Kebangsaan Indonesia).

Pada sepertiga malam dilaksanakan salat tahajud/qiyamul lail, salat Subuh berjemaah dan dilanjutkan kuliah subuh. Dalam kegiatan itu, panitia menghadirkan beberapa narasumber, seperti Sekretaris GP Ansor, Muhammad Sulthon, para alumni serta pembina rohis. (kie)