Beranda Regional Perpusda Karawang Berbenah, Inovasi Menumbuhkan Minat Baca

Perpusda Karawang Berbenah, Inovasi Menumbuhkan Minat Baca

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang yang berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 10 Karawang Barat, seberang lapangan Karang Pawitan, dan berada di dalam komplek Masjid Al Jihad Karawang, terus berbenah.

Dibuka setiap hari Senin sampai Jumat, pembaca dipermudah dalam pembuatan kartu keanggotaan agar bisa meminjam buku yang terdapat di Perpusda Pemkab Karawang ini. Adapun syaratnya adalah fotokopi KTP domisili Karawang, dan pas foto ukuran 2X3, empat lembar.

Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam membaca dan menulis masih terbilang sangat rendah begitupun yang terjadi di Karawang. Soal antusias pembaca, Dian Lestari selaku Koordinator Perpusda menjelaskan bahwa minat baca masyarakat Karawang memang sangat lemah.

Untuk menyiasati hal tersebut, perpustakaan harus meningkatkan mutu pelayanannya agar dapat menarik minat pengunjung untuk datang. Selain itu, Perpustakan Daerah Kabupaten Karawang terus berinovasi demi terciptanya minat baca bagi masyarakat Kabupaten Karawang.

Salah satunya dengan konsep menjemput bola dengan maksud memfasilitasi perpustakaan keliling yaitu dengan mobil pintar yang berisi buku-buku ke sekolah-sekolah dan ke desa-desa dengan jadwal sebulan 15 kali.

“Layanan perpus keliling itu memang selalu mendapat tempat di hati masyarakat terlebih untuk anak-anak di daerah kecamatan dibandingkan anak-anak di kota. Kami hanya berusaha menumbuhkan benih kegemaran membaca bagi anak-anak. Mereka sangat butuh referensi di tengah gencarnya teknologi,” jelas Dian.

Perpusda juga mengadakan alternatif kegiatan dalam memasyarakatkan budaya baca dan tulis. Misalnya mengadakan perpustakaan keliling yakni di tempat-tempat publik, seperti di taman kota, mall, seperti yang dilakukan setiap hari Minggu di acara Car Free Day yang sering diselenggarakan di beberapa tempat (Karang Pawitan, Kampung Budaya, Festive, Kecamatan Kota Baru).

“Dengan upaya ini semua, diharapkan budaya masyarakat Karawang untuk membaca semakin tinggi, sehingga harapan pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa bisa terwujud,” tambahnya.(nji/fzy)