Beranda Regional Perundingan Buntu, Solusi Pindo Deli 3 Ditolak Warga

Perundingan Buntu, Solusi Pindo Deli 3 Ditolak Warga

KARAWANG TVBERITA.CO.ID- Perundingan antara warga Dusun Pagadungan, Desa Taman Mekar, Desa Taman Mekar, Kecamatan Pangkalan dengan pihak PT Pindo Deli 3, tidak ada kesepakatan yang diharapkan warga. Hal tersebut diungkapkan, Nace Peramana dari LSM Lodaya sebagai pendamping warga.

Warga tetap menginginkan akses jalan keluar masuk ke perkampungan mereka dibuka kembali. Namun pihak PT Pindo Deli 3 tetap hanya memeberikan opsi membuat jalan baru yang melewati tanah milik PT China Fortune Land Development (CFLD). Sedangkan pihak perusahaan ini pun tidak memberikan akses yang sama.

“Kami tetap menolak opsi itu. Bagaimana mereka bisa lewat ke sana, sedangkan PT CFLD sudah lebih dulu menutupnya. Misalkan PT Pindo Deli 3 tetap bersikukuh tidak mau membuka pagar betonnya, warga minta saluran tersier yang terkena urug pabrik kertas ini dibuka. Nanti warga akan bangun jalan akses di tanggul tersier tersebut,” jelasnya.

Ia meyakini, tersier itu milik negara. Sehingga dipastikannya, tidak boleh diurug atau dihilangkan begitu saja tanpa alasan dan izin yang jelas. Apalagi, Nace tegaskan, diklaim menjadi milik dan dikuasai pihak perusahaan swasta.

Oleh karenanya, ia minta pihak Pindo Delli 3 bisa membuktikan kepemilikan lahan saluran tersier yang telah diratakannya. Sementara itu, Humas PT Pindo Deli, Didin, saat dimintai tanggapannya oleh awak media melalui telepon menuturkan, dalam perundingan hanya berperan sebagai penyambung lidah perusahaan tanpa punya kewenangan pumutus atas apa yang diusulkan warga.

“Aspirasi yang disampaikan warga kami tampung untuk disampaikan kepada manajemen. Diterima atau tidaknyta usulan itu sepenuhnya wewenang manajemen. Mengenai penggunaan jalan alternatif yang melintasi lahan PT CFLD,itu bukan keinginan kami. Perusahaan (Pindo Deli 3) hanya menawarkan sebagian biaya untuk membuat jalan baru. Mengenai rutenya terserah warga, mau melintas ke mana,” pungkasnya.(KB)