Beranda Regional Perusahaan Diminta Alokasikan CSR untuk Rumah Layak Huni di Karawang

Perusahaan Diminta Alokasikan CSR untuk Rumah Layak Huni di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dalam rangka mensukseskan program pemerintah dalam pembangunan rumah layak huni (rulahu), Pemerintah Kabupaten Karawang mengharapkan dukungan perusahaan industri di kawasan industri dari dana CSR (corporate social responsibility) yang setiap tahun dikeluarkan.

“Dalam RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) kita akan membangun sebanyak 6.400 rumah layak huni. Saat ini kita sudah berhasil membangun 2.800 unit rulahu dan sisanya sebanyak 3.600 unit lagi. Sisanya ini akan kita kerjakan dalam waktu tiga tahun yaitu 1.200 unit setiap tahunnya. Kalau ada dukungan dari perusahaan industri yang beroperasi di seputar kawasan atau zona industri akan sangat membantu untuk memperluas jangkauan penerima rulahu,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Karawang Ramon Wibawa Laksana, Senin (11/2/2019).

Dikatakan dia, CSR perusahaan cukup efektif mendukung program pemerintah dalam pembangunan rumah layak huni. Saat ini diyakini puluhan ribu rumah tidak layak huni masih banyak berdiri di Karawang.

Pemerintah Kabupaten Karawang berupaya membantu dengan program rumah layak huni. Namun, karena keterbatasan anggaran tidak semua warga dapat menikmati program tersebut.

“Jadi kami punya program rulahu untuk untuk 6.400 unit sesuai kemampuan keuangan kita. Setiap unitnya kita sediakan anggaran sebesar Rp41 juta jadi sampai selesai. Program rulahu mencapai Rp262,4 miliar,” ujarnya.

Ramon mengatakan, anggaran tersebut belum mencukupi untuk memperbaiki rumah tidak layak huni. Pemerintah baru dapat membangun sebagian dari puluhan ribu rumah tidak layak huni.

“Kami tidak bisa sendirian, butuh dukungan dari perusahaan industri melalui dana CSR. Selama ini CSR perusahaan untuk kegiatan sosial lainnya, nah kami minta disisipkan untuk rulahu,” katanya.(KB)

Komentar Facebook